Pemda Pasaman Cepat Realisasikan MoU Dengan Unes.

Pasaman, fajarharapan.id – Bupati Pasaman Sabar AS, S.Ag, M.Si bersama Kepala OPD Pasaman menerima kunjungan perwakilan Universitas Ekasakti dalam rangka tindak lanjut MoU yang ditanda tangani tanggal 31 Januari 2024, Kamis (16/5/2024) kemarin di ruang pertemuan Bupati Kamis (16/5/2024).

dipaparkan Program yang akan dilaksanakan.

Pada kesempatan tersebut, BupatiSabar AS, S.Ag, M.Si mengatakan, kunjungan perwakilan Unes ke Pasaman, merupakan kebahagiaan dan apresiasi yang tinggi tentu ini sebuah kepedulian dan tanggungjawab atensi khusus untuk terlibat peran serta mendorong percepatan pembangunan daerah.

“Kita telah mulai bekerja sama, tentu hal ini adalah merupakan kolaborasi dari senergisitas untuk mempercepat pembangunan daerah yang diikutkan darib berbagai pihak, termasuk Unes,” katanya.

Kerjasama yang telah berjalan baik dengan Unes, tentu senergi itu bisa saling membantu dan saling menguatkan agar berbagai program perioritas pemerintah daerah bisa diemplementasikan dan bisa dilaksanakan dengan maksimal, yaitu ada 10 program priorotas pemerintah.

“Tentu Pemda Pasaman berharap kepada Unes ada partisifasi dan konstribusi nyata dari Unes untuk terus mendorong membantu percapatan pembangunan daerah Pasaman,” sebutnya.

Baca Juga  Plt Bupati Pasaman Sabar AS Terima Penghargaan Satyalancana Aditya Karya Mahatya Yodha

Lebih lanjut Bupati Pasaman mengatakan, kendala yang dihadapi Nagari di Pasaman salah satunya adalah SDM. Sehubungan dengan hal itu, kopetensi SDM harus ditingkatkan, melalui sekolah, pendidikan, diklat dan difasilitasi kerjasama Unes dengan Pemda konkrit terlaksana.

Harapan kita Bupati tentu kinerja Nagari akan lebih baik kedepannya, tentu tidak terlepas dari wujud konstribusi dari Unes, hal lain yang akan dioptimalisasikan berupa produk hukum, peraturan daerah, pilkada, peraturan bupati, maupun peraturan nagari, perwana.

Tak hanya itu, namun termasuk peraturan Badan Usaha Milik Nagari Diminta Unes bisa konsen membentuk penguatan tata kelola Badan Usaha Milik Nagari. “Unes mempunyai tenaga ahli di bidang hukum, tenaga ahli bidang ekonomi, hukum bisnis,”ucapnya

Kemudian Bupati, juga minta agar Unes mendatangkan tenaga dosen ke Pasaman dan jadikan Pemda Kabupaten Pasaman sebagai Kampus II Unes.

Unes masuk ke Pasaman berkonstribusi, berbuat nyata. Diharapkan Unes, jangan hanya dokumen MoU dibuat tapi harus ada tindak lanjutnya dan ada aksi nyata yang dirasakan manfaatnya bagi kita semua pemerintgah daerah, nagari dan masyarakat. Salah satu kebudayaan, sebagai didampingi Unes bisa diikutkan seperti Pelatihan Kantor Sendiri (PKS) bidang terkait

Baca Juga  Geopark Equator Pasaman Jadi Peserta Terbaik di Jambore Nasional¬†Sawahlunto

“Pembuatan Peraturan Nagari, peraturan produk nagari, kita sekarang sedang mempercepat pembuatan peraturan nagari tentang pemberantasan pekat diminta masukan dari Unes, UIN ini perspetifnya hukum positif. juga nantinya ada dari LKAM,” tutupnya

Sementara itu, Kepala LPPM Unes Prof. Dr. Ir. I Ketut Budaraga, M.Si memperkenalkan rombongan yang terdiri Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Salfadri, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. H. Tarma, Kepala Badan Penerimaan Mahasiswea Baru Wawan Sermarno, SP, M.Si dan Humas H. Syarifuddin, SE, MH nantinya akan memaparkan sesuai dengan bidangnya.

Kata Ketut, Dekan Fakultas Ekonomi banyak membicarakan bidang kebudayaan nagari, BUMNag, Administrasi keuangan, Wawan Sumarno nanti banyak berbicara tentang peluang peluang bagi anak anak Pasaman dan Aparatur Pemda serta Aparatur Nagari bisa kuliah di Unes. dan tindak lanjut kerjasama. Kemudian Dekan Fisipol Dr. Tarma membicarakan tentang keunggulan dan kelebihan dari Fisipol.(Hms/Unes).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *