Baznas Pasaman Bentuk UPZ Tiap Kecamatan, Begini Targetnya ke Depan

Ketua Baznas Pasaman H. Asnil M SE MM
Ketua Baznas Pasaman H. Asnil M SE MM

Lubuk Sikaping – Berbagai upaya dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman agar sebanyak mungkin orang yang menyerahkan pengelolaan zakatnya ke lembaga tersebut.

“Terakhir dengan mendirikan unit pengumpul zakat alias UPZ di setiap kecamatan yang ada di Pasaman,” ujar Ketua Baznas Pasaman H. Asnil. M., SE., MM., di Kecamatan Dua Koto, Kamis (16/11/2023).

Asnil hadir di Kecamatan Dua Koto untuk menghadiri pembukaan MTQ oleh Plt Bupati Pasaman, Sabar AS. Di sela pembukaan MTQ, juga dilaksanakan pengukuhan UPZ Baznas Kecamatan Dua Koto

Menurut Asnil, UPZ di Kecamatan Dua Koto merupakan yang pertama dari 12 kecamatan yang ada di kabupaten tersebut. “Pembentukan UPZ di kecamatan-kecamatan lainnya akan segera menyusul,” kata Asnil.

Baca Juga  Pemda Pasaman Cepat Realisasikan MoU Dengan Unes.

Dijelaskan Asnil, UPZ merupakan perpanjangan tangan Baznas Pasaman di tingkat kecamatan yang wilayah kerjanya adalah semua nagari yang ada di kecamatan tersebut.

Tugas utamanya, menurut mantan pejabat di lingkup Pemkab Pasaman ini, untuk melayani pengumpulan zakat dari masyarakat. “Diharapkan bisa memperpendek rentang kendali,” katanya.

Dikatakan Asnil, kalau sebelumnya muzaqi harus ke kota kabupaten untuk menyerahkan zakat, dengan adanya UPZ kegiatan serupa sudah bisa dilakukan di tingkat kecamatan.

Baca Juga  Demokrat Pasaman Rapat Konsolidasi, Sabar AS Optimistis Target 7 Kursi akan Tercapai

Selain tugas pengumpulan zakat, menurut Asnil, UPZ juga menjadi perpanjangan tangan Baznas dalam mensosialisasikan kegiatan berzakat melalui Baznas.

Asnil berharap dengan terbentuknya UPZ di semua kecamatan di Pasaman akan semakin banyak zakat yang bisa dihimpun oleh Baznas Pasaman. “Agar semua program yang kita gariskan bisa dijalankan secara maksimal,” katanya.

Sebab, menurut Asnil, semakin banyak yang bisa dihimpun oleh Baznas Pasaman, maka akan semakin banyak pula masyarakat yang merasakan manfaatnya melalui sejumlah program yang ada di Baznas Pasaman. (spa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *