Wagub Sumbar Serukan Pentingnya Rebranding dan Peningkatan Kapasitas Gerakan Pramuka

Pasaman – Sejarah telah mencatat kontribusi besar Gerakan Pramuka dalam membangun karakter generasi muda bangsa. Meski demikian, Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar), Audy Joinaldy, menilai rebranding dan peningkatan kualitas serta kapasitas Pramuka sangat dibutuhkan untuk menjawab perkembangan dan tantangan zaman.

Hal itu disampaikan Wagub Audy saat menghadiri agenda Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-62 tingkat Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Pasaman Tahun 2023 di Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Selasa (24/10/2023). Menurutnya, rebranding Pramuka akan semakin menarik minat generasi muda untuk bergabung menjadi Pramuka.

“Pramuka sudah ada sejak 1912 di Indonesia, dan telah berkontribusi penting dalam membangun karakter pemuda bangsa, hingga kemudian menjadi pemimpin di berbagai lini. Namun, rebranding tetap diperlukan, mengingat perkembangan zaman yang cepat di era komunikasi digital seperti saat ini,” ucap Wagub.

Baca Juga  Warga Binaan Rutan Kelas II B Lubuk Sikaping Ikuti Legal Expo di Padang, Kepala Rutan Bilang Ini

Mengingat kebutuhan rebranding Gerakan Pramuka tersebut, Wagub Audy menekankan pentingnya peran Majelis Pembimbing, untuk mendorong kemajuan Kwartir, Satuan Karya, dan Gugus Depan Gerakan Pramuka. Sehingga, Pramuka khususnya di Sumbar, semakin siap dalam menjawab berbagai tantangan ke depan.

Di samping itu, Wagub juga mengingatkan pentingnya peningkatan kualitas dan kapasitas para Pembina Pramuka, Pelatih Pembina Pramuka, dan Gugusdepan Pramuka, agar bisa memandu generasi muda untuk menjadi kader-kader Pramuka yang lebih baik. Meski pun selama ini, Gerakan Pramuka telah terbukti efektif dalam membangun karakter pemuda bangsa.

Baca Juga  Wabup Sabar AS Sebut Sedang Disiapkan Bonjol Menjadi Kawasan Wisata Terpadu di Pasaman

“Tantangan ke depan akan semakin berat. Salah satunya adalah tantangan dalam memaksimalkan bonus demografi, yang tentu sangat membutuhkan penguatan kompetensi dan karakter generasi muda Pramuka, sebagai salah satu sosok sentral dalam mewujudkan visi Indonesia Emas tahun 2045,” ujarnya lagi.

Dalam kesempatan itu, Wagub Audy juga mengucapkan selamat kepada Wakil Bupati sekaligus Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Pasaman, Sabar AS, yang menerima Penganugerahan Lencana Darmabakti dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.(Adpsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *