Sambangi Kesbangpol, Wabup Pasaman Sabar AS Berharap Partisipasi Pemilih Meningkat

Wabup Pasaman Sabar AS foto bersama jajaran Kesbangpol Pasaman saat melakukan kunjungan silaturahmi ke kantor itu, Selasa (3/10/2023).
Wabup Pasaman Sabar AS foto bersama jajaran Kesbangpol Pasaman saat melakukan kunjungan silaturahmi ke kantor itu, Selasa (3/10/2023).

Lubuk Sikaping, fajarharapan.id – Wakil Bupati (Wabup) Pasaman Sabar AS melakukan kunjungan silaturahmi ke kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pasaman di Lubuk Sikaping, Selasa (3/10/2023) pagi.

Ditanya tujuan kunjungan itu, Wabup Sabar mengatakan untuk menjaga dan meningkatkan silaturahmi antara atasan dan bawahan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Khusus untuk Kantor Kesbangpol, menurut Sabar, pihaknya ingin mengingatkan jajaran itu terkait beban tugas ke depan yang sudah nenghadang, yaitu Pemilu 2024 yang puncaknya akan digelar Februari mendatang.

Dikatakan Sabar, Kesbangpol memiliki tugas dan tanggung jawab untuk meningkatkan partisipasi pemilih, dalam ajang politik yang digelar sekali lima tahun itu.

“Baik secara kuantitatif maupun kualitatif,” ujar mantan anggota DPRD Sumbar itu. Secara kuantitatif, jelas Sabar, bagaimana upaya agar sebanyak mungkin masyarakat yang punya hak suara untuk menggunakan hak suaranya.

Baca Juga  Wabup Sabar AS Sebut 5-10 Tahun Mendatang Pasaman Harus Beda, Lain dari yang Lain

Sementara secara kualitatif, dijelaskan Sabar, bagaimana para calon pemilih menggunakan hak pilihnya secara otonom, bukan karena dimobilisasi atau oleh sevab-sebab sempit dan dangkal lainnya.

“Bagaimana calon pemilih dalam menggunakan hak pilihnya lebih didorong keinginan untuk menghadirkan pemimpin yang baik, yang diyakini akan mampu melakukan perubahan dan perbaikan,” sebutnya.

Untuk mencapai itu semua, menurut Sabar, perlu sosialisasi dan edukasi yang intens dan terus-menerus. “Tugas semacam ini merupakan tanggung jawab Kesbangpol,” kata Sabar.

Sekretaris Kesbangpol Pasangan Muhammad Isnaini SIP MM mengaku kunjungan Wabup Sabar ke kantornya merupakan surprise tersendiri bagi seluruh pimpinan dan jajaran di kantor ini.

Dikatakan Isnaini, sering kepala dan wakil kepala daerah mendatangi OPD-OPD yang ada di lingkup Pemkab Pasaman, tapi sejauh ini Kantor Kesbangpol belum pernah didatangi.

Baca Juga  Bukber di Wisata Puncak Koto Panjang, Pokdarwis Beringin Sakti Launching Program Ini

Bagi Isnaini, kunjungan itu diharapkan menjadi sumber motivasi baru bagi jajaran Kesbangpol Pasaman untuk bekerja lebih baik lagi sesuai dengan tupoksi yang ada. (spa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *