Bupati Pasaman Benny Utama Sudah Ajukan Surat Pengunduran Diri ke DPRD

Lubuk Sikaping, fajarharapan.id – Benny Utama menyatakan bahwa dirinya sudah mengajukan surat pengunduran diri ke Ketua DPRD Pasaman sebagai Bupati Pasaman periode 2021-2024.

Hal itu dikatakan Benny saat menghadiri acara perpisahan dengan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Pasaman Drs. H. Gusman Piliang MM di Lubuk Sikaping, Kamis (31/8/2023). Acara itu dihadiri Wakil Bupati Pasaman Sabar AS dan unsur Forkopimda lainnya.

Dikatakan Benny, ia mundur sebagai Bupati Pasaman untuk periode yang sedang berjalan karena akan maju sebagai bacaleg Partai Golongan Karya (Golkar) untuk DPR-RI dari daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Barat II.

“Saya mengikuti aturan yang berlaku,” tambah mantan anggota DPRD Sumbar ini. Yaitu, setiap kepala daerah yang ikut pemilihan anggota legislatif (pileg), harus melepaskan jabatannya sebagai kepala dan wakil kepala daerah.

Terkait Gusman Piliang yang akan memasuki masa purna bakti sebagai aparat negara, Benny mengaku selama sekitar dua tahun menjabat Kakan Kemenag Pasaman sangat membantu tugas-tugasnya sebagai kepala.

“Alhamdulillah, koordinasi dan komunikasi kami selama ini berjalan cukup baik,” ujar Benny. “Pak Gusman bersama jajarannya memberi kontribusi yang besar bagi Pasaman, sesuai bidang tugas dan tanggung jawabnya,” ujar Benny.

Benny atas nama pribadi dan jajaran Pemkab Pasaman yang dipimpinnya, meminta maaf kalau ada kesalahan dan kekhilafan selama menjalin hubungan kedinasan dengan Gusman dan jajarannya.

Baca Juga  Di Acara Syukuran, Bupati Pasaman Sabar AS Mohon Didoakan Menjadi Pemimpin yang Istiqomah

Bupati Benny juga mengucapkan selamat kepada Gusman yang telah menuntaskan pengabdiannya sebagai aparatur negara. ” Semoga pengabdian kepada bangsa dan masyarakat itu menjadi amal pahala bagi Pak Gusman,” katanya.

“Saatnya bagi Pak Gusman untuk beristirahat dan menikmati hari tua,” sambungnya. “Saatnya bagi Pak Gusman mencurahkan waktu dan perhatian yang penuh pada keluarga, termasuk dengan menimang cucu-cucu,” ungkap Benny.

Gusman Piliang dalam sambutannya mengaku banyak terbantu oleh aparat Pemkab Pasaman dalam menjalankan tugas sebagai Kakan Kemenag Pasaman. “Saya ucapkan terimakasih kepada Pak Bupati dan jajarannya,” ujar Gusman.

Kendati tidak lagi tercatat sebagai aparatur negara karena sudah memasuki masa pensiun, menurut Gusman, ia akan tetap membukakan pintu bagi siapa saja untuk bersilaturahmi dengannya.

Menurut Gusman, boleh jadi secara fisik ia tidak lagi menetap di Pasaman karena akan pindah ke kampung halamannya di Tanjung Pati, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota; tapi ia tetap membuka pintu bagi siapa saja yang hendak bersilaturahmi dengannya.

Gusman Piliang usai acara kepada fajarharapan.id menegaskan, selama 2 tahun 22 hari menjabat sebagai Kakan Kemenag Pasaman tidak pernah merasakan pengalaman yang jelek sekali pun. “Semuanya baik,” katanya.

Baca Juga  Bupati Benny Utama Minta Sekdakab Pasaman Anggarkan Dana Umrah untuk Penghafal Al-Quran

Apalagi, menurut Gusman, jajaran Pemkab Pasaman di bawah pimpinan Bupati Benny Utama dan Wakil Bupati Sabar AS sangat mendukung tugas-tugasnya sebagai aparat vertikal di Pasaman.

Gusman berharap jajaran Kantor Kemenag Pasaman meneruskan program-program yang telah ia lakukan kalau itu dianggap baik. Gusman juga meminta aparat Kantor Kemenag mendukung tugas-tugas Pemkab Pasaman.

Kasubag TU Kantor Kemenag Pasaman Edi Ridwan mengaku memiliki sejumlah catatan positif ketika dipimpin Gusman Piliang. “Beliau pemimpin yang tegas dan berdisiplin,” ungkapnya.

“Waktu dua tahun terasa singkat,” sambung Edi. “Oleh karena sesuatu dan lain hal, kami harus berpisah,” ujar Edi, yang berjanji akan meneruskan program-program yang telah dirintis Gusman. (spa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *