Wabup Pasaman Kagumi Potensi Wisata Nagari Lubuak Gadang

Lubuk Sikaping, fajarharapan.id – Wakil Bupati (Wabup) Pasaman Sabar AS menyatakan memuji dan mengagumi potensi wisata yang ada di Nagari Lubuak Gadang, Kecamatan Mapat Tunggul, Pasaman.

“Seperti potongan surga yang diturunkan ke bumi,” kata Wabup Sabar kepada fajarharapan.id di Lubuk Sikaping, ibukota Kabupaten Pasaman, Jumat (11/8/2023). “Mempesona dan mengagumkan,” tambahnya.

Dengan andalan Geopark Pasaman, menurut Wabup Sabar, potensi wisata di Nagari Lubuak Gadang dinilai sangat prospektif dikembangkan untuk jenis pariwisata minat khusus. “Peluangnya untuk tumbuh dan berkembang ke depan sangat besar,” imbuhnya.

Wabup Sabar mengaku sudah berkunjung ke nagari itu, untuk mendampingi kunjungan Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, beberapa waktu lalu. “Pak Wagub pun tidak bisa menyembunyikan kekagumannya atas potensi besar bidang kepariwisataan yang dimiliki Lubuak Gadang,” terang Sabar.

Wali Nagari Lubuak Gadang Asrul Dt. Gompo Alam mengakui keunggulan potensi wisata yang dimiliki nagari yang ia pimpin. “Ya, nagari kami memang punya satu potensi wisata yang bisa dibanggakan,” kata Asrul di Lubuk Sikaping, Jumat (11/8/2023).

Pihaknya, menurut Asrul, telah melakukan sejumlah langkah dan upaya untuk membenahi objek wisata dimaksud, sebatas wewenang dan anggaran yang ada. “Karena kami memang punya harapan besar terhadap objek wisata yang satu itu,” ungkapnya.

Baca Juga  Hari Ini, Gubernur Sumbar Lantik Sabar AS Jadi Bupati Pasaman Definitif

Asrul yakin, bila dikelola lebih baik dan serius lagi, bukan tidak mungkin objek wisata itu menjadi sumber pendapatan baru bagi nagari serta membuka peluang kerja dan kesempatan berusaha bagi masyarakat.

“Tapi kami memang sangat membutuhkan dukungan dari pemerintahan yang lebih tinggi, baik dukungan berbentuk pendanaan maupun support atau motivasi,” katanya.

Yang mendesak, menurut Asrul, adalah pengadaan sarana dan prasarana penunjang seperti perahu karet dan lainnya. Asrul juga menilai kawasan hutan di sekitar lokasi perlu lebih dihijaukan lagi.

Mengutip travel.kompas.id, Nagari Lubuak Gadang dilewati aliran Sungai Batang Sumpur yang diapit bukit batu hasil pahatan alam yang sangat indah. Nagari ini kemudian ditata menjadi destinasi wisata geopark.

Wisatawan dapat menyusuri sungai dengan perahu dan didampingi pemandu berpengalaman. Selama susur sungai ini, wisatawan bisa menikmati keindahan tebing batu, air terjun, dan mampir ke goa alam.

Ada beragam potensi wisata di Lubuak Gadang, di antaranya Goa Mesjid Jin, Air Terjun Samingkuah, dan Pemandian Monggok Indah

Baca Juga  Safari Ramadhan di Sitombol, Khairuddin Simanjuntak Serahkan Bantuan Masjid Rp20 Juta

Untuk jenis wisata alam, tengok keindahan alam yang tergambar pada Goa Mesjid Jin. Ini adalah goa batu yang diselimuti beberapa jenis tumbuhan. Rasakan juga sensasi mandi dalam air yang jernih dan sangat sejuk di Pemandian Monggok Indah. Tak lupa susuri sungai menggunakan perahu tradisional.

Sementara untuk wisata budaya dan kuliner, resapi tradisi budaya turun-temurun dengan menyaksikan pertunjukan Gondang Boroguang, Silek Kampuang, dan tarian tradisional lainnya.

Kemudian, manjakan lidah dengan menikmati suguhan gulai ikan salai, panggang lauak, anyang pucuak botiak, dan tumbuak lado asam.(spa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *