Yuhandi Terima Penghargaan Mendes PPDT, Wali Nagari Pansel; Terima Kasih Pak Bupati dan Wabup

Lubuk Sikaping, fajarharapan.id – Bisa dibayangkan betapa susahnya bagi para petani untuk menjadikan buah pinang sebagai komoditas perkebunan yang siap dilempar ke pasaran dan punya nilai jual tersendiri.

Mulai sejak dipetik dari batangnya, dijemur sampai kering, kemudian dicongkel untuk diambil isinya, lalu isi itu dijemur lagi. Butuh waktu beberapa hari untuk menjadikan buah pinang punya nilai jual.

Yuhandi, warga Nagari Panti Selatan (Pansel), Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), menjawab kesulitan para petani itu dengan menciptakan mesin oven pengering pinang.

Inovasi di bidang teknologi tepat guna (TTG) itu pun menerima penghargaan dari Menteri Pembangunan Desa, Transmigrasi, dan Daerah Tertinggal Republik Indonesia, Dr (HC) Abdul Halim Iskandar sebagai juara favorit dalam pergelaran Teknologi Tepat Gunas Nusantara XXIV di Provinsi Lampung.

Wali Nagari Panti Selatan, Didi Al Amin, jelas bangga dengan karya dan inovasi anak nagari yang ia pimpin. “Prestasi ini adalah langkah awal untuk membawa nama Nagari Panti Selatan dan Pasaman lebih dikenal di kancah nasional,” ujar Didi, Rabu (7/6/2023).

Baca Juga  Kunker ke Mapolres Pasaman, Kapolda Sumbar Tekankan tentang Pelayanan Prima

Wali Nagari Didi berharap inovasi yang berbuah prestasi yang diraih oleh Yuhandi merupakan langkah awal untuk prestasi serupa lainnya bagi anak Nagari Panti Selatan. “Bisa menjadi sumber motivasi,” katanya.

Dikatakan Didi, kendati hanya meraih predikat sebagai kontestan favorit, tapi inovasi dan prestasi Yuhandi dinilai sebagai sesuatu yang luar biasa bagi Nagari Panti Selatan dan seluruh anggota masyarakat yang bermukim di dalamnya.

“Kendati terbilang pemula di bidang TTG, tapi alhamdulillah salah seorang anak nagari kami sudah bisa berbicara di kancah nasional. Ini sangat membanggakan,” kata Didi. “Bukan saja bagi Panti Selatan, tapi juga bagi Pasaman.”

Menurut Didi, apa yang mampu dicapai Yuhandi membuktikan bahwa kalau kita mau dan bersungguh-sungguh, pasti ada jalan untuk mencapai keberhasilan. “Tidak ada yang tidak mungkin,” katanya, dilansir dari realitakini.com.

Diungkapkan Wali Nagari Didi, apa yang diraih Yuhandi makin memperkuat keinginannya untuk memperkuat pos pelayanan teknologi (posyantek), sebagai wadah bagi anak Nagari Panti Selatan untuk berkarya dan berinovasi.

Baca Juga  Fenomena El Nino Tidak Berdampak, Produksi Beras di Pasaman Malah Meningkat

“Kita di jajaran pemerintahan nagari juga telah berkomitmen untuk memberi ruang yang cukup bagi masyarakat untuk menciptakan TTG yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” katanya.

Dengan TTG, menurut Didi, diharapkan akan semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan usaha di berbagai sektor dengan tingkat hasil yang lebih baik dari sebelumnya.

Wali Nagari Didi mengucapkan terima kasih atas motivasi dari Bupati Pasaman, Wakil Bupati Pasaman, Dinas DPM Provinsi Sumbar, Dinas DPM Pasaman, dan para tenaga pendamping desa yang selalu memotivasi Nagari Panti Selatan. (spa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *