Papua  

Uji Kesiapan Operasi Alutsista Jajaran Koarmada III

Sorong, fajarharapan.id – Komando Latihan (Kolat) Koarmada III laksanakan Uji Terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) KRI (L1/L2) di salah satu unsur kapal perang Satuan Kapal Amfibi Koarmada III yaitu KRI Teluk Lada—521 yang sedang sandar di Dermaga Mako Koarmada III, Katapop Kabupaten Sorong Papua Barat Daya. Senin (06/11/23).

Dikatakan Komandan Kolat Koarmada III Kolonel Laut (P) Ahmad Muharam, bahwa Uji Terampil Glagaspur Kapal Tingkat I/II (L1L2) tersebut dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 6 s.d. 7 November 2023, dimana pada hari pertama dilaksanakan Drill Kering di atas KRI Teluk Lada-521 saat sandar di Dermaga Mako Koarmada III dan pada hari kedua akan dilaksanakan Drill Basah dengan melaksanakan uji terampil pada saat pelayaran di Perairan Sorong.

Lebih jauh Komandan Kolat Koarmada III menjelaskan pelaksanaan Uji Terampil tersebut dilaksanakan terhadap unsur-unsur Kapal Perang RI jajaran Koarmada III dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dan kesiapan operasi Alutsista jajaran Koarmada III, serta melatih unsur dan personel Koarmada III sehingga terwujudnya Interoperability kemampuan dan kekuatan Koarmada III sebagai kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) dalam melaksanakan tugas operasi.

Baca Juga  Satu Kepedulian Satgas 330 Untuk Masyarakat di Wilayah Penugasan

Pada bagian lain Komandan Kolat Komando Armada III yang memimpin pelaksanaan Gladi Tugas Tempur tersebut, menyampaikan bahwa pelaksanaan dan penilaian Glagaspur L1-L2 ini sesuai perintah Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) IIl Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi, agar selalu menjaga dan meningkatkan profesionalisme prajurit dengan melaksanakan berbagai latihan tempur, yang selaras dengan salah satu program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam pembangunan SDM TNI Angkatan Laut yang unggul.

Baca Juga  HUT Ke-78 TNI AL, Momen Penting Sebagai Bagian Dari Perjalanan Sejarah

Adapun materi yang dilaksanakan pada hari pertama dimulai dengan Pembukaan Uji Terampil Glagaspur (L1/L2) di Lounge Room KRI Teluk Lada-521, Paparan Komandan KRI Teluk Lada-521 Letkol Laut (P) Arif Priwadi Wibowo, Pelaksanaan Uji Tulis, Pengecekan Software dan Hardware, serta pelaksanaan apel kelengkapan.

Selanjutnya dilaksanakan latihan Peran dan Drill Kering diantaranya Peran Persiapan Kapal Berlayar dan Bertempur, Peran Melewati Medan Ranjau, Peran Cuaca Buruk, Peran Orang Jatuh di Laut, Peran Sekoci, Peran Heli, Peran Tempur Bahaya Permukaan, Peran Pemeriksaan dan Penggeledahan Peran Tempur Bahaya Udara, Peran Kebakaran dan Peran Kebocoran serta beberapa latihan peran lainnya dan diakhiri dengan evakuasi Drill Peran-peran. (Koarmada III)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *