Padang  

Hujan Deras, Dua Penerbangan Dialihkan dari Bandara Minangkabau

Bandara Minangkabau
Bandara Minangkabau

Padang – Dua pesawat gagal mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan harus dialihkan ke bandara lain karena hujan deras mengguyur Sumatera Barat pada Jumat (14/6/2024) malam.

Menurut informasi yang diterima, telah terjadi peringatan aerodrome no.2 di Bandara Minangkabau. Tercatat, hujan deras disertai badai petir terjadi di BIM dengan kecepatan angin 10 knot (maksimum 17 knot).

Akibatnya, dua maskapai yakni Garuda Indonesia dan Super Air Jet harus dialihkan sementara ke bandara terdekat untuk mendarat. Hingga Jumat pukul 23.30 WIB, kedua pesawat tersebut telah berhasil mendarat dengan selamat di BIM.

Salah seorang penumpang Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA164 dari Jakarta, Idham Fadhil, mengatakan bahwa pesawat yang ditumpanginya seharusnya mendarat pada pukul 19.30 WIB di BIM, namun akhirnya dialihkan.

Baca Juga  Ini Langkah Gubernur Sumbar Tangani Bencana Lahar Dingin Marapi

“Saat akan mendarat, cuaca sangat buruk, landasan tergenang air, sehingga pilot memutuskan untuk mendarat di Bandara Kualanamu, Medan. Kami menunggu dari pukul 20.30 WIB dan baru berangkat lagi ke BIM pukul 22.00 WIB,” katanya.

Fadhil merasa lega karena pesawat akhirnya bisa mendarat dengan aman di BIM. “Di dalam pesawat tadi ada senator Emma Yohana dan Wakil Rektor UNP juga. Untungnya semua terkendali,” ujar Fadhil yang merupakan Komisioner KI Sumbar.

Penumpang Super Air Jet, Riko Pakiah Sati, juga menceritakan pengalaman serupa. Dia mengaku mengalami penundaan selama 90 menit dari waktu keberangkatan di Bandara Soekarno Hatta.

“Saat akan mendarat, cuaca buruk dan hujan deras. Karena itu, pesawat kami diarahkan terlebih dahulu ke Pekanbaru. Sebelum menuju Pekanbaru, pesawat sempat berputar di langit barat Padang selama 30 menit. Tapi alhamdulillah sekarang sudah mendarat kembali di BIM,” ungkap Riko.

Baca Juga  Pemindahan Pasien SPH Dikawal Ketat oleh Dinkes Sumbar

Sementara itu, Humas BIM, Fendrick Sondra, membenarkan kejadian tersebut. Dia menyebut sudah ada peringatan cuaca buruk sejak Jumat siang dan mengatakan dua maskapai tersebut sempat dialihkan untuk mendarat sementara karena landasan pacu tergenang air.

“Saat ini, kedua pesawat yang sempat gagal mendarat sudah mendarat dengan aman di BIM,” tutupnya.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *