Padang  

Pemerintah Sumbar Siapkan Langkah Hadapi Dampak Bencana

Sumbar
ilustrasi

Padang – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah menyiapkan serangkaian langkah untuk mengatasi dampak penurunan produksi padi akibat kerusakan ribuan hektare lahan pertanian akibat bencana.

Febrina Tri Susila Putri, Kepala Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Sumbar, menjelaskan bahwa langkah-langkah yang dipersiapkan antara lain meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dan mengalihkan lahan kering untuk ditanami padi gogo.

“Kami juga melakukan pompanisasi untuk mengairi lahan tadah hujan agar dapat ditanami dan meningkatkan produksi padi,” ujarnya, Sabtu (8/6/2024).

Baca Juga  Pemerintah Siapkan Subsidi Rp7 Triliun untuk Motor Listrik, Namun Penjualan Belum Mencapai Target

Sumbar sebelumnya juga merasakan dampak El Nino pada September 2023, namun dengan penanganan yang tepat, produksi padi diharapkan tetap bisa meningkat hingga tujuh persen.

“Pada tahun 2024, target produksi padi siap giling Sumbar adalah 1,5 juta ton, naik sekitar tiga persen dari tahun sebelumnya,” tambahnya.

Meskipun beberapa daerah di Sumbar, seperti Agam, Tanah Datar, dan Padang Panjang, terdampak bencana banjir dan banjir bandang yang merusak lahan pertanian, pemerintah tetap berupaya keras untuk mencapai target produksi padi.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *