Padang  

Peringati HLUN, Pemko Padang Beri Layanan Gratis Trans Padang bagi Lansia

Trans Padang
foto bersama

Padang – Pemerintah Kota (Pemko) memberikan layanan gratis bagi kaum lanjut usia (lansia) untuk naik Trans Padang selama satu minggu ke depan.

Pengumuman ini disampaikan oleh Penjabat Wali Kota Padang, Andree Harmadi Algamar, dalam acara peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 tahun 2024.

“Kami akan mengeluarkan surat edaran terkait layanan gratis Trans Padang untuk lansia ini. Langkah ini sebagai bentuk perhatian kami kepada para lansia yang ada di tengah masyarakat, yang kaya akan pengalaman, pengetahuan, dan kebijaksanaan,” ujarnya pada Kamis (30/5/2024) siang.

Menurutnya, Pemko telah berencana menjalankan beberapa program sebagai wujud kepedulian terhadap lansia di Kota Padang.

Di berbagai negara, peran lansia masih sangat penting. Contohnya, Amerika Serikat saat ini dipimpin oleh Presiden berusia 91 tahun. Selain itu, Mahathir Mohammad kembali dipercaya sebagai Perdana Menteri Malaysia di usia tuanya.

Baca Juga  Gubernur Mahyeldi Janjikan Bonus Tambahan Bagi Para Pemain Jika Berhasil Memenangkan Laga Semi Final Porwil Sumatera XI Tahun 2023 Sore Ini

“Ini membuktikan bahwa usia hanya sekadar angka, namun peran lansia bagi negara tetap dibutuhkan,” katanya.

Selain itu, Pemko Padang juga memberikan bantuan usaha ekonomi non-produktif serta bantuan makanan kepada 11 orang lansia. Setiap lansia menerima bantuan senilai Rp6.072.000. Sementara bantuan makanan diberikan kepada 110 lansia dengan nilai Rp489.500 per orang.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi, menilai untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, nasihat, masukan, serta peran serta warga lansia sangat diperlukan karena mereka memiliki pengalaman hidup yang kaya.

“Keahlian dan pengalaman warga lansia telah teruji. Mereka memiliki kemampuan dan wawasan yang luas. Oleh karena itu, peran mereka sangat penting untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

Generasi muda saat ini, yang akan menjadi tokoh utama pada tahun 2045, harus memperkuat kapasitas diri dengan menimba ilmu dan pengalaman dari warga lansia, tambahnya.

Baca Juga  Surau Baru Pauh, Padang, Perbedaan Penghitungan Tidak Ganggu Pelaksanaan Puasa Ramadan

Ia juga menyatakan bahwa Pemprov Sumbar terus berkomitmen memberikan perhatian pada lansia melalui berbagai program yang dijalankan oleh Dinas Sosial (Dinsos).

“Jika ada warga lansia yang terlantar, silakan laporkan. Kami akan bantu karena fasilitasnya tersedia. Saya mengimbau seluruh ASN di Pemprov Sumbar untuk selalu membahagiakan orang tua masing-masing dengan sering bertemu muka dan mengunggah foto bersama orang tua di grup perpesanan Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” tuturnya.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *