Padang  

Gubernur Mahyeldi, Kapolda, dan Forkopimda Sumbar Pantau Pos Pengamanan Idul Fithri agar Masyarakat Bisa Berlebaran dengan Nyaman

Padang – Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah bersama Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono dan jajaran Forkopimda memantau sejumlah pos pengamanan (pos pam) Idul Fithri 1445 H di beberapa kabupaten/kota di Sumbar, Selasa (09/04/2024). Pemantauan dilakukan untuk memastikan kelancaran arus transportasi, kesiapsiagaan bencana, serta terselenggaranya keamanan dan ketertiban (kamtibmas) selama momentum Lebaran.

Pemantauan diawali dengan mengecek pos pam di Simpang Padang Luar Bukittinggi, yang menjadi salah satu posko utama untuk memastikan kelancaran pelaksanaan sistem one way atau sistem jalur satu arah Padang-Bukittinggi selama momentum Lebaran. Dari Padang Luar, Gubernur beserta rombongan melewati jalur Bukittinggi-Padang via Malalak untuk memastikan sistem one way berjalan lancar.

“Mengulangi kesuksesan pelaksanaan sistem one way pada Lebaran tahun lalu, Pemprov Sumbar bersama Polda dan Forkopimda terkait kembali memberlakukan sistem ini. Alhamdulillah, setelah tadi kita lewati di H-1 Lebaran, arus transportasi sangat lancar,” ucap Gubernur.

Baca Juga  Gubernur Mahyeldi Salurkan APBD Rp10 Miliar untuk Jalan Ombilin-Batusangkar

Setelah memantau pos pengamanan di jalur one way, Gubernur bersama Kapolda dan jajaran Forkopimda Sumbar bergerak memantau sejumlah pos pengamanan di Kota Padang, di mana total terdapat 13 pos pengamanan yang bertugas siang malam untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam berlebaran tahun ini.

“Kita melihat kesiapan petugas di Pos Pengamanan Terpadu, di mana tidak hanya kepolisian, tetapi juga ada TNI, BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan unsur terkait lainnya yang bertugas untuk memastikan kenyamanan masyarakat dalam merayakan Idul Fithri di Sumbar pada tahun ini,” ucap Gubernur lagi.

Selain di pusat-pusat keramaian dan destinasi wisata, sambung Gubernur, Pos Pengamanan juga berdiri di seluruh pintu masuk dari dan keluar Sumbar. Seluruh persiapan itu dilakukan semata-mata untuk menghadirkan kenyamanan bagi masyarakat. Terlebih, pada tahun ini lebih banyak pemudik atau perantau yang pulang untuk berlebaran di kampung halaman.

Baca Juga  Pemprov Sumbar Tetapkan 14 Hari Masa Tanggap Darurat Provinsi

Di sisi lain, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono menyebutkan, lebih dari 2.000 petugas tersebar di seluruh pos pengamanan dan Pos Pelayanan Terpadu Operasi Ketupat di Sumbar. Selain memastikan kelancaraan arus transportasi, petugas juga terus berupaya memastikan terselenggaranya Kamtibmas selama masa Lebaran tahun ini.

“Seluruh pos itu terbuka bagi masyarakat umum. Jika ada keluhan dan gangguan yang dialami selama berlebaran, silakan datang melakukan pengaduan ke pos pelayanan yang telah disiagakan tersebut. Sebab, kehadiran pos-pos tersebut semata-mata untuk menghadirkan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh masyarakat kita,” ucap Kapolda Suharyono. (adpsb/isq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *