Padang  

Waspadai Hujan Lebaran, Pantauan BMKG untuk Pemudik di Sumatera Barat

Waspadai Hujan Lebaran
ilustrasi

Padang – Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika Minangkabau telah merilis prakiraan cuaca jelang perayaan Idulfitri 1445 Hijriah, dimana terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi di wilayah Sumatera Barat.

Menurut Koordinator Informasi dan Observasi BMKG Minangkabau, Yudha Nugraha, hujan diperkirakan terjadi terutama di sepanjang pantai Sumatera Barat, seperti di Pasaman Barat, Agam, Pasaman, Padang Pariaman, Kota Padang, dan Kepulauan Mentawai, terutama pada sore dan malam hari. Meskipun demikian, ada kemungkinan hujan juga di wilayah lain, meskipun dengan intensitas yang lebih rendah.

Yudha juga memberikan imbauan kepada masyarakat yang berencana untuk mudik atau merayakan Idulfitri agar selalu waspada, terutama bagi mereka yang melewati jalur-jalur yang rawan bencana.

Baca Juga  Pemprov Sumbar Targetkan Pendapatan Tinggi dari Kawasan GOR

“Berdasarkan pantauan awal bulan April, hujan masih berpotensi terjadi, khususnya di sepanjang pantai Sumatera Barat. Oleh karena itu, kami mengimbau agar masyarakat yang berencana untuk mudik tetap waspada dan mencari informasi terkini dari BMKG atau pihak terkait lainnya,” ujar Yudha.

Selain memberikan informasi kepada instansi terkait seperti BPBD, Dinas Perhubungan, TNI, dan Polri, BMKG juga terus mengimbau masyarakat untuk selalu memperbarui informasi cuaca, terutama di daerah-daerah seperti Sitinjau Lawik, Bungus, Lembah Anai, Palupuah, dan Malalak. Pemudik juga dapat memanfaatkan Pos Pengamanan yang telah disediakan untuk istirahat dan mendapatkan informasi terkini.

“Polda telah menyiapkan 91 unit pos pengamanan selama musim mudik lebaran tahun ini, di mana pemudik dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan informasi dan beristirahat,” tambah Yudha Nugraha, Koordinator Informasi dan Observasi BMKG Minangkabau.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *