Padang  

Peringatan Ramadan, Masyarakat Diingatkan Antisipasi Peredaran Uang Palsu

Uang Palsu
Mapolda Sumbar.

Padang – Waspada Uang Palsu Menyambut Ramadan, Masyarakat Diimbau Tetap Waspadai Transaksi Keuangan

Dalam menyambut bulan suci Ramadan 1445, masyarakat diingatkan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap peredaran uang palsu menjelang bulan puasa. Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Sulistyawan, menyatakan bahwa peningkatan transaksi perdagangan dan konsumsi selama bulan Ramadhan seringkali dimanfaatkan oleh sindikat penipu untuk menyebarkan uang palsu ke pasar.

Petugas gencar melakukan razia dan operasi khusus untuk mengungkap sindikat peredaran uang palsu yang mungkin mencoba memanfaatkan situasi ini, sehingga masyarakat diminta untuk selalu waspada.

“Pencegahan dan penindakan terhadap pelaku kejahatan mata uang palsu menjadi prioritas utama untuk menjaga keamanan transaksi keuangan masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga  Bukittinggi,Polisi Bagi-bagi Takjil Gratis Selama Ramadan

Dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang cara mengenali uang palsu, pihak berwenang secara aktif menyosialisasikan ciri-ciri uang asli dan memberikan informasi tentang langkah-langkah yang harus diambil jika menemukan uang palsu.

Bank-bank dan lembaga keuangan juga memberikan perhatian khusus dengan meningkatkan penggunaan teknologi keamanan yang canggih dalam pembuatan uang asli. Peningkatan kualitas dan keamanan uang asli diharapkan dapat mengurangi peluang bagi pelaku kejahatan untuk berhasil dalam peredaran uang palsu.

Dalam menjalani bulan suci Ramadan, penting bagi masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati dalam melakukan transaksi keuangan. Kombes Dwi menutup dengan menekankan pentingnya kerjasama antara pihak berwenang, lembaga keuangan, dan kesadaran masyarakat, sehingga diharapkan peredaran uang palsu dapat diminimalisir, menciptakan suasana Ramadan yang sejahtera dan aman bagi semua.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *