Padang  

Langkah Mendukung Ketahanan Pangan, Bibit Ikan Garing Disiapkan untuk Desa di Sumatera Barat

Ikan
Bibit Ikan Garing

Padang – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat tengah mempersiapkan bantuan berupa bibit ikan garing (semah) untuk 20 kelompok masyarakat di 20 nagari/desa pada tahun 2024. Langkah ini diambil sebagai upaya mendukung ketahanan pangan di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Reti Wafda, menjelaskan bahwa bibit ikan ini akan ditempatkan di beberapa aliran sungai sebagai ikan larangan yang akan dikelola oleh kelompok masyarakat setempat. Selain meningkatkan ketahanan pangan, jenis ikan garing dipilih karena memiliki potensi ekspor ke Malaysia dan nilai ekonomis yang tinggi.

Saat panen, kelompok masyarakat diharapkan dapat memperoleh penghasilan yang signifikan, dan sebagian hasil panen biasanya disumbangkan untuk kebutuhan sosial kemasyarakatan, seperti pembangunan masjid. Selain itu, ikan garing memerlukan air bersih, sehingga kelompok masyarakat yang mendapat bantuan diharapkan akan menjaga kebersihan aliran sungai.

Baca Juga  Bukittinggi Dihebohkan Perampokan Bersenjata, Korban Ditembak Uang Rp70 Juta Dilarikan

Selain manfaat ekonomis, aliran sungai yang bersih dengan keberadaan ikan garing juga memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata. Hal ini akan memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat, bukan hanya dari panen ikan tetapi juga dari sektor pariwisata.

Reti menyatakan bahwa jumlah bantuan bibit ikan pada tahun 2024 dapat bertambah sesuai kebutuhan dan hasil evaluasi. Sebelumnya, pada tahun 2023, Pemerintah Provinsi Sumbar memberikan bantuan sebanyak 300 ribu bibit ikan kepada 30 kelompok, dengan rata-rata satu paket bantuan berisi 10 ribu bibit ikan.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *