Padang  

Buka VSGA 2024, Gubernur Mahyeldi Ingatkan Pentingnya Peningkatan Kompetensi Angkatan Kerja di Sumbar

Padang – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menekankan pentingnya peningkatan kompetensi angkatan kerja Sumbar sebelum memasuki dunia kerja. Hal itu disampaikan Gubernur saat membuka gelaran Vocational Scholl Graduate Academy (VSGA) Tahun 2024 di Aula Lantai II, Universitas Metamedia, Kota Padang, Senin (19/2/2024).

“Tentu kegiatan ini sangat penting bagi tamatan SMK/D1/D3/D4 bidang Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) di Sumbar, dalam meningkatkan daya saing di tengah era revolusi industri. Kita berharap program VSGA khusus bagi alumni ini dapat memenuhi kompetensi peserta, sesuai denhan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia,” kata Gubernur dalam sambutannya.

Kegiatan itu sendiri digelar atas inisiasi (BBPSDMP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI, bekerja sama dengan Diskominfotik Sumbar dan Universitas Metamedia. Gubernur pun berharap agar kegiatan serupa bisa lebih sering digelar di Sumbar.

Baca Juga  Menuju Wajib Halal Oktober, Sumbar Dorong 3.000 Desa Wisata Bersertifikasi Halal

“Semoga ke depan kegiatan semacam ini lebih banyak dilakukan, demi memberikan sarana pelatihan yang lebih baik kepada adik-adik kita dalam memenuhi kebutuhan tenaga terampil di dunia kerja, khususnya di bidang teknologi,” ucap Gubernur lagi.
Di sisi lain, Kepala BBSDMP Kemkominfo RI, Christiany Juditha, mengatakan bahwa program VSGA sudah digelar sejak tahun 2018, yang merupakan salah satu program prioritas dari Kementerian Kominfo RI yang bertujuan untuk pengembangan keterampilan digital. Selain di Sumbar, kegiatan serupa juga digelar di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Bangka Belitung.

Baca Juga  Ratusan Tahanan Ikuti Salat Tarawih di Lapas Kelas IIA Padang

“Untuk kegiatan VSGS hari ini, kita laksanakan di Provinsi Sumbar, diikuti oleh 100 peserta selama lima har. Mulai tanggal 19 hingga 23 Februari 2024 nanti, dengan harapan para peserta mendapatkan ilmu, teori, dan praktek, sehingga layak untuk mendapatkan sertifikasi,” kata Christiany.(Adpsb/Cen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *