Padang  

Strategi Pengamanan Pemilu 2024, Polda Sumbar Gelar Apel Pagi

Pemilu 2024
Pemilu 2024

Padang – Personel Polda Sumatera Barat (Sumbar) yang terlibat dalam pengamanan selama masa tenang pemilu 2024 melaksanakan apel pagi di halaman gedung samapta Polda Sumbar pada Minggu (11/2/2024).

Langkah ini diambil untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama masa tenang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Polda Sumbar proaktif dalam memastikan pelaksanaan proses demokrasi berjalan lancar dan aman, terutama di wilayah hukum Polda Sumbar.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Sulistyawan, yang juga merupakan Kasatgas Humas dalam Operasi Mantap Brata Singgalang 2024, menyatakan bahwa Polda Sumbar telah menyiapkan strategi pengamanan yang matang untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan selama masa tenang ini.

Menurutnya, upaya pencegahan konflik dan pelanggaran hukum menjadi prioritas utama Polri guna memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Baca Juga  Pertamina Sumbagut Siagakan Posko Medis Gratis di SPBU

“Sejumlah langkah konkret telah diambil oleh Polda Sumbar, termasuk peningkatan patroli di seluruh wilayah, pemantauan intensif terhadap potensi kerawanan, serta peningkatan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu),” ungkap Dwi.

Polda Sumbar juga memperkuat kehadiran di titik-titik strategis, seperti tempat pemungutan suara dan pusat perhitungan suara, guna mencegah terjadinya gangguan atau intimidasi.

Selain itu, pendekatan secara preventif dilakukan dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kedamaian selama masa tenang Pemilu. Upaya ini dilakukan melalui kampanye publik, penyuluhan, dan dialog langsung dengan berbagai elemen masyarakat.

“Meskipun tantangan dan potensi gangguan tetap ada, Polda Sumbar berkomitmen untuk bertindak tegas dan cepat dalam menanggapi setiap insiden yang mungkin terjadi,” ujarnya.

Baca Juga  Proses Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2024, KPU Solo Kerahkan 400 Orang

Polda Sumbar juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban demi terciptanya Pemilu yang bersih, adil, dan demokratis.

“Dengan langkah-langkah yang telah diambil tersebut, diharapkan bahwa Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai,” kata dia. (des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *