Padang  

Selama Masa Tenang Pemilu, Gubernur Mahyeldi Mengimbau Seluruh Pihak Patuhi Aturan

Padang – Selama masa tenang, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah mengimbau semua pihak untuk mematuhi aturan. Menurutnya, itu penting untuk memastikan penyelenggaraan Pemilu serentak Tahun 2024 berjalan aman dan lancar.

“Selama masa tenang ini, semua pihak harus bisa menahan diri. Agar penyelenggaraan pemilu bisa berjalan dengan aman dan lancar,” ujar Gubernur Mahyeldi di Padang, Minggu (11/2/2024).

Ditegaskannya, ajakan tersebut tidak hanya untuk para kandidat tapi juga kepada pendukung dan simpatisan masing-masing calon.

Baca Juga  Mendagri Tunjuk Dr. Zefnihan sebagai Penjabat Wali Kota Sawahlunto

Hal tersebut juga sesuai dengan amanat Pasal 1 angka (36) Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, yang menegaskan bahwa masa tenang adalah masa yang tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas kampanye Pemilu.

Selain itu, juga telah tertuang dalam PKPU 3 Tahun 2022 tentang tahapan penyelenggaraan Pemilu. Bahwa masa tenang merupakan salah satu tahapan Pemilu.

“Karena aturannya sudah jelas, kita semua harus mematuhinya,” tegas Mahyeldi.

Baca Juga  Universitas Andalas dan Ehime University Jalin Kerja Sama untuk Kampus Kelas Dunia

Menurutnya, sukses Pemilu tidak hanya menjadi tanggung jawab dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Aparat Penegak Hukum (APH), dan Pemerintah. Tapi juga merupakan tanggung jawab dari seluruh warga negara.

Oleh karena itu seluruh masyarakat harus turut menjaga kondusivitas selama tahapan Pemilu, apalagi dalam masa tenang, agar para pemilih memiliki kesempatan dan ketenangan dalam menentukan pilihan politiknya. (Adpsb/Busan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *