Padang  

Gubernur Mahyeldi Luncurkan Kalender Iven Pariwisata Sumatera Barat Tahun 2024

Padang – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) melalui Dinas Pariwisata Sumbar meluncurkan Calendar Of Events (COE) 2024. Peluncuran oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah di Pantai Purus Padang pada Sabtu (20/1/2023) tersebut menjadi wujud komitmen dan keseriusan pembangunan pariwisata Sumatera Barat.

“Kita harus terus berupaya sebaik mungkin agar sektor pariwisata benar-benar tumbuh dan berkembang dengan baik di Sumbar, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh pihak,” ucap Gubernur Mahyeldi dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Mahyeldi turut menyampaikan apresiasi kepada seluruh bupati/wali kota di Sumbar dan seluruh element pentahelix pariwisata, akademisi, pelaku industri pariwisata, media, dan masyarakat, yang telah bahu-membahu sepanjang tahun 2023 dalam menyukseskan program aktivasi sektor pariwisata pascapandemi yaitu Tahun Kunjungan Wisata ‘Visit Beautiful West Sumatra 2023’.

Berkat kolaborasi dan sinergi bersama, kata Gubernur, program ini telah berjalan sukses dengan target awal 8,2 juta kunjungan, namun terealisasi sebanyak 11,2 juta (137,12 %) kunjungan hingga Desember 2023 yang lalu.

“Hal ini yang harus terus dioptimalkan agar manfaat sektor pariwisata bisa terus bertumbuh di daerah ini, dan dapat dirasakan manfaat ekonominya secara langsung oleh masyarakat,” tutur Gubernur lagi.

Baca Juga  Gubernur Mahyeldi Sebut IMA Chapter Padang Salah Satu Motor Perekonomian Sumbar di Era Digitalisasi

Hasil tersebut dipandang Gubernur, sebagai wujud keseriusan dan upaya Kabupaten dan Kota dalam menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Oleh karena itu, perlu terus berkreasi dan berinovasi dalam menyelenggarakan iven-iven, agar target kunjungan wisatawan tahun 2024 bisa tercapai dengan baik.

“Semakin banyak iven berkualitas, akan semakin banyak multiplayer effects yang dapat kita harapkan manfaatnya untuk Sumbar,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda melaporkan, terkait target Tahun 2024 ini ditetapkan adalah untuk memotivasi membangun mengembang pariwisata Sumbar.

“Dari target kita dari 8,2 juta mencapai 11,2 pada tahun 2023, artinya tentu kita bisa memasang target tahun 2024 bisa melebihi 20-30 persen,” katanya.

Ia menyebutkan untuk Tahun 2024 ini Pemprov Sumbar sudah mempersiapkan 78 kalender iven yang terdiri dari beberapa kategori Internasional, Nasional dan Daerah.

Baca Juga  Harkitnas ke-116, Gubernur Mahyeldi Ingatkan Pentingnya Memberikan Teladan pada Generasi Muda

“Pada awalnya yang masuk kepada kami sebanyak 131 iven, yang kami dapatkan mulai dari OPD provinsi, kab/kota, dan juga dari komunitas. Dari jumlah itu kita kurasi, maka yang bisa diandalkan sebanyak 78 Iven,” tuturnya.

Selanjutnya, Ia juga menambahkan bahwa di Tahun 2023 yang lalu pemprov Sumbar telah berhasil menggunakan tagline ‘Visit Beautiful West Sumatra 2023’. Artinya dari tagline ini banyak orang yang mendengarkan dan berkunjung ke Sumbar.

“Oleh karena itu, di tahun 2024 ini kami angkat betul dengan branding Visit Beautiful West Sumatra. Namun yang paling penting adalah untuk menyamakan data wisatawan yang datang ke Sumbar,” ungkap Luhur.

Untuk menyamakan data tersebut, sambung Luhur, Pemprov Sumbar menjalin kerjasama dengan PT. Telkomsel dalam pemanfaatan dashboard PETA Sumbar (Pergerakan Wisatawan Sumatera Barat) yang merupakan salah satu bentuk peran aktif dari kalangan Industri dalam upaya penyediaan data.

“Kami berharap seluruh Pentahelix Pariwisata terus ambil bagian dalam berperan dan berkontribusi aktif sesuai bidangnya masing-masing,” harapnya. (Adpsb/Cen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *