Padang  

Bank Nagari Buka Akses KUR Tahun 2024 Sejak 2 Januari, Masyarakat Diimbau Manfaatkan Dana

Bank Nagari
Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad.

Padang Bank Nagari Kembali Jadi Pilihan Utama untuk Penyaluran KUR Tahun 2024
Bank Nagari memegang peranan kunci dalam mendistribusikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp2 triliun untuk tahun 2024. Dana tersebut telah dapat diakses oleh Masyarakat dan Pelaku UMKM sejak 2 Januari 2024. Bank Nagari, bank kebanggaan Sumatera Barat, berharap masyarakat dapat memanfaatkan KUR ini untuk mengembangkan usaha mereka.

Direktur Utama Bank Nagari, Muhammad Irsyad, bersama Direktur Kredit & Syariah, Gusti Candra, menyatakan bahwa persetujuan Pagu KUR Tahun 2024 sebesar Rp2 triliun merupakan bukti kepercayaan besar dari pemerintah pusat terhadap Bank Nagari, berdasarkan kesuksesan penyaluran KUR pada tahun 2023. Hal ini juga menjadi kabar gembira bagi masyarakat Sumatera Barat.

Irsyad berharap masyarakat dan pelaku UMKM dapat mengoptimalkan KUR untuk mendukung kebutuhan modal kerja dan investasi, sehingga dapat meningkatkan akses pembiayaan untuk pelaku usaha produktif. Ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah, sehingga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat.

Baca Juga  Antisipasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas: BI Sumbar Ungkap Rencana Strategis 2023

Pemerintah tetap mendorong pelaku usaha yang belum pernah mendapatkan akses pinjaman komersial dari perbankan agar lebih mudah memperoleh KUR. Debitur yang sudah pernah mendapatkan KUR diharapkan dapat naik kelas, sesuai dengan program pemerintah “UMKM Naik Kelas”.

Selain itu, Pemerintah mendorong penyaluran KUR ke sektor produksi, seperti pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, industri, konstruksi, transportasi, pergudangan, akomodasi makan minum (akmani), pariwisata, dan jasa-jasa, dengan alokasi minimal 60% dari total alokasi KUR yang disetujui.

Baca Juga  Operasi Razia, 36 Pelajar Gunakan Seragam Saat Digaruk Bermain Biliar di Padang

Direktur Kredit & Syariah Gusti Candra menjelaskan bahwa Pagu KUR Bank Nagari Tahun 2024 mencapai Rp2 triliun, terdiri dari Pagu KUR Konvensional Rp1,6 triliun dan Pagu KUR Syariah Rp400 miliar. Gusti berharap Pagu KUR Tahun 2024 ini dapat diserap secara maksimal oleh masyarakat untuk seluruh sektor ekonomi sejak awal tahun ini.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *