Padang  

Kesiapsiagaan Ditumbuhkan: Apel Siaga Khusus SAR Jelang Nataru

SAR
Pembukaan secara simbolik operasi SAR khusus oleh Kepala Kantor SAR Padang, Abdul Malik.

PadangKantor SAR Padang mengadakan apel Siaga SAR Khusus pada Senin (18/12/2023) sebagai langkah persiapan menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru). Kepala Kantor SAR Padang, Abdul Malik, menjelaskan bahwa apel tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang merayakan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Langkah ini juga diambil untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi lonjakan penumpang arus mudik dan di destinasi wisata, termasuk pulau, alam, dan pantai, mengingat cuaca ekstrim yang melanda Sumatera Barat (Sumbar).

Dalam rangka mendukung apel Siaga SAR khusus, Kantor SAR Padang menyiagakan alat utama SAR, seperti Rescue Carrier, Rescue Car, Rescue Truck, Truck Personel, Motor Trail, dan Beach Patrol. Selain itu, Rigid Inflatable Boat (RIB), peralatan medis, selam, ekstrikasi, dan urban SAR juga disiapkan.

Baca Juga  Bogor Tingkatkan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Alam

“Kami melibatkan 85 personel yang ditempatkan di Kantor SAR Padang, Pos SAR Limapuluh Kota, Pasaman, Unit Siaga SAR Solok Selatan (Solsel), Pesisir Selatan (Pessel), dan Kapal Navigasi (KN) SAR Yudhistira 227,” tambah Abdul Malik.

Sementara itu, apresiasi dan terima kasih disampaikan kepada seluruh personel yang terlibat dalam Operasi SAR erupsi Gunung Marapi pada tanggal 3 hingga 7 Desember 2023. Siaga SAR khusus untuk Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 direncanakan akan berlangsung selama 14 hari, mulai tanggal 18 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *