Padang  

Tutup Iven Bagodang ke-7, Gubernur Mahyeldi Sebut Kebersamaan Penting bagi Pembangunan Kota Payakumbuh

Payakumbuh – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menyambut baik terselenggaranya iven Baralek Godang (Bagodang) ke-7, sebagai penyemarak semangat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-53 Kota Payakumbuh. Gubernur menilai, iven tersebut semakin memperkuat persatuan dan kebersamaan di tengah masyarakat.

“Momentum ini menjadi penting untuk memperkuat kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat, serta mempererat kebersamaan dalam pembangunan yang berkelanjutan,” kata Gubernur saat menutup iven Bagodang ke-7 di Lapangan Kubu Gadang, Payakumbuh, Minggu (17/12/2023).

Gubernur mengatakan, kesuksesan sebuah pembangunan suatu daerah tidak terlepas dari terwujudnya sinergitas seluruh potensi, serta adanya kombinasi antara pemerintah dengan masyarakat, perantau, dan UMKM.

“Dengan menyatukan kolaborasi dari seluruh potensi, maka akan memberikan dorongan untuk saling mendukung dan saling memiliki. Jika rasa itu hadir, maka kontribusi untuk kemajuan daerah akan makin terasa,” ujarnya.

Selanjutnya, Gubernur berharap ke depan harmonisasi tersebut dapat lebih diarahkan untuk memajukan dan mengembangkan potensi pasar sektor pariwisata dan seni tradisi lokal. Sehingga, potensi daerah tidak hanya dikenal secara domestik, tapi juga mancanegara, sehingga berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat setempat.

Baca Juga  Terima Rombongan Komisi II DPR RI, Gubernur Mahyeldi Tegaskan Kesiapan Sumbar Menghelat Pesta Demokrasi 2024

Apabila Pemerintah Daerah sudah dekat dengan masyarakat, sambungnya, maka program-progam pemerintah daerah akan dapat dikomunikasikan dengan baik, sehingga dapat memberikan semangat untuk lebih membangun Payakumbuh bersama-sama.

“Itulah nilai yang dibawa dari kegiatan Bagodang ini, mudah-mudahan perhelatan ini akan lebih meriah dilaksanakan pada tahun berikutnya, dan diharapkan Bagodang ini dapat menjadi ikon daya tarik wisata nasional maupun Internasional,” ujar Gubernur lagi.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Jasman Datuak Bandaro Bendang dalam kesempatan yang sama mengatakan, iven Baodang merupakan salah satu  kegiatan utama dalam setiap perayaan HUT Kota Payakumbuh, dan telah dilaksanakan sebanyak 7 kali berturut-turut.

“Konsepnya sama dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, yakni pemberdayaan masyarakat secara optimal dalam setiap rangkaian kegiatan, mulai dari gelaran pentas seni dan budaya hingga pameran produk UMKM lokal,” ujar Jasman.

Baca Juga  Kepala Basarnas, Sumbar dan Padang Rawan Bencana, Waspada Diperlukan

Ia menyebutkan, pembukaan secar resmi acara Bagodang ke-7, dalam rangka perayaan HUT Kota Payakumbuh yang ke-53, adalah momen yang sangat istimewa yang ditandai dengan kehadiran Bapak Gubernur Sumatera Barat.

“Dalam kesempatan ini, Bapak Gubernur hadir kembali menutup acara ini. Saya yakin ini adalah bukti konkret kolaborasi kuat antara pemerintah kota dan provinsi, dalam upaya membangun Kota Payakumbuh menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Ada pun Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Wulan Denura, turut mengapresiasi seluruh panitia telah melestarikan perayaan HUT Kota Payakumbuh ke-53 dengan banyak menghadirkan pertunjukan.

“Dirgahayu Kota Payakumbuh sudah memamerkan warisan budaya dan masyarakat telah tumpah ruah untuk menyaksikan senangat 53 tahun Kota Payakumbuh. Alhamdulillah Bapak Gubernur dapat hadir untuk kedua kalinya, semoga ini terus berlanjut,” ucapnya mengajak. (Adpsb/Cen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *