Padang  

Dana Rp11,3 Miliar Diturunkan Pemprov Sumbar untuk Dorong Pariwisata Daerah

Pariwisata Daerah
Pariwisata Daerah

Padang Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengalokasikan dana sebesar Rp11,3 miliar melalui skema Bantuan Keuangan Khusus (BKK) guna mendukung pengembangan sektor pariwisata di enam kabupaten dan kota pada tahun 2023.

Doni Rahmat Samulo, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah di Sekretariat Daerah Sumbar, yang mengelola program kerjasama daerah, menyatakan bahwa meskipun pariwisata merupakan kewenangan kabupaten dan kota, Pemprov Sumbar dapat memberikan bantuan keuangan melalui skema BKK.

Dengan skema BKK ini, pembagian anggaran dilakukan dengan Pemprov Sumbar menyumbang 40 persen atau sekitar Rp11,3 miliar, sementara 60 persennya ditanggung oleh kabupaten-kota.

“Pada tahun ini, Pemprov Sumbar memberikan dukungan pembangunan pariwisata di enam kabupaten dan kota,” ungkapnya, Kamis (14/12/2023).

Keenam daerah tersebut meliputi Kabupaten Tanah Datar, Sijunjung, Pasaman, Agam, Kota Sawahlunto, dan Kota Pariaman.

Baca Juga  BPKH Salurkan Bantuan Kebencanaan Rp717 Juta, Gubernur Mahyeldi Yakin Masyarakat Makin Optimis untuk Bangkit

“Total anggaran untuk pengembangan pariwisata, baik dari Pemprov Sumbar maupun kabupaten-kota, mencapai Rp29,5 miliar,” tambahnya.

Dana tersebut, menurut Doni, akan digunakan untuk proyek-proyek seperti pembangunan kawasan wisata Istano Basa Pagaruyung, pengembangan destinasi Kandih, rehabilitasi jalan muara dan perkampungan adat di kawasan Geopark Ranah Minang Silokek, serta pembangunan Planetarium Equator Bonjol.

Selain itu, dana akan dialokasikan untuk pembangunan destinasi kawasan Danau Maninjau di Nagari Lawang, dan pengembangan kawasan Pulau Angso Duo, Kota Pariaman.

Doni menyatakan bahwa keterbatasan anggaran selama ini menjadi hambatan dalam pengembangan pariwisata di daerah. Dengan adanya skema BKK, Pemprov Sumbar berperan aktif dalam mempercepat pengembangan sektor pariwisata di kabupaten dan kota.

Baca Juga  Pemprov Sumbar dan Lantamal II Padang Berencana Bangun Kampung Bahari Nusantara

“Oleh karena itu, dicari solusi untuk mengakselerasi pengembangan pariwisata di daerah, salah satunya melalui BKK,” ungkapnya.

Pada tahun ini, Pemprov Sumbar telah meluncurkan program dengan tagline ‘Visit Beautiful West Sumatera 2023’ dengan target kunjungan mencapai 8,2 juta wisatawan. (des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *