Padang  

Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang Sosialisasikan Besaran UMK Tahun 2024

UMK
UMK

Padang – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Padang, Ferry Erviyan Rinaldy, mengungkapkan bahwa pihaknya akan segera mensosialisasikan besaran Upah Minimum Kota (UMK) Kota Padang untuk tahun 2024. Rencananya, UMK Padang tahun depan akan setara dengan Upah Minimum Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), sesuai dengan Keputusan Gubernur Sumbar nomor 562-768-2023.

Dalam keputusan tersebut, Upah Minimum Provinsi (UMP) Sumbar untuk tahun 2024 ditetapkan sebesar Rp2.811.449,27. Ferry Erviyan Rinaldy menegaskan bahwa perusahaan dilarang membayar upah di bawah upah minimum provinsi pada tahun 2024, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Besaran UMP dikecualikan untuk Usaha Mikro dan Usaha Kecil yang besaran upahnya berpedoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan. Perusahaan yang telah memberikan upah minimum lebih tinggi dari ketetapan UMP yang ditetapkan dalam keputusan ini, dilarang mengurangi atau menurunkan upahnya,” ujar Ferry Erviyan Rinaldy pada Rabu (22/11/2023).

Baca Juga  Investor Turki Berniat Bangun Resort di Mandeh dan Mentawai, Sumbar

Menurutnya, Upah Minimum Provinsi berlaku bagi pekerja/buruh dengan masa kerja kurang dari 1 tahun, sedangkan upah bagi pekerja/buruh dengan masa kerja 1 tahun atau lebih berpedoman pada struktur dan skala upah yang telah ditentukan.

“Pengusaha wajib menyusun dan menerapkan struktur dan skala upah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Tunjangan tidak tetap/kesejahteraan yang selama ini diberikan oleh perusahaan, tetap diberikan kepada pekerja/buruh. Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2024,” tambahnya.

Baca Juga  Presiden Tinjau Posko Darurat, Santuni Korban Bencana di Sumbar

Ferry Erviyan Rinaldy menyatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan sosialisasi kepada perusahaan-perusahaan di Kota Padang agar mereka dapat menerapkan UMK pada tahun 2024 nanti, sehingga dapat tercipta hubungan kerja yang sehat dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *