Padang  

Gubernur Sumbar: Hasil Positif Porwil XI Menjadi Evaluasi Persiapan PON XXI 2024

PON XXI 2024
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi

Padang, – Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, mengapresiasi pencapaian positif yang diraih kontingen Sumbar dalam Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI di Riau. Menurutnya, prestasi ini harus dijadikan bahan evaluasi untuk memaksimalkan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumatera Utara pada tahun 2024.

“Pada Porwil Sumatera XI, kontingen Sumbar meraih peringkat ketiga. Capaian ini harus dievaluasi agar kita bisa meraih prestasi yang lebih baik pada PON XXI,” ujar Gubernur Mahyeldi pada Rabu (15/11/2023).

Mahyeldi menekankan pentingnya kompetisi seperti Porwil atau Kejuaraan Nasional (Kejurnas) sebagai sarana untuk menganalisis kelebihan dan kekurangan atlet yang akan berlaga dalam PON. Evaluasi dari ajang tersebut diharapkan dapat menjadi landasan persiapan demi meraih prestasi lebih baik pada PON XXI.

Baca Juga  Emas Kedua Sumbar di Porwil XI Sumatera 2023: Tim Bola Tangan Sabet Prestasi Gemilang

“Kekurangan yang masih terlihat harus dibenahi menjelang pelaksanaan PON, sehingga prestasi yang diharapkan bisa diperoleh,” tambahnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar, Maifrizon, menyampaikan bahwa kontingen Sumbar berhasil meraih posisi ketiga dalam klasemen akhir Porwil XI Riau dengan torehan 22 medali emas, 33 perak, dan 24 perunggu. Total, kontingen Sumbar berhasil membawa pulang 79 medali.

Beberapa cabang olahraga seperti sepakbola dan bola voli putra indoor memberikan hasil maksimal, yang mengubah rekor kurang memuaskan pada tahun-tahun sebelumnya. Sepakbola, yang sebelumnya tidak lolos seleksi PON, kali ini berhasil melenggang ke PON dengan meraih medali emas Porwil Sumatera XI. Begitu pula dengan bola voli putra, yang setelah 27 tahun tidak pernah lolos seleksi PON, berhasil memecahkan kebuntuan dengan meraih emas Porwil XI.

Baca Juga  Gubernur Jawa Tengah Minta Kepala Desa Bantu Mengentaskan Kemiskinan dan Stunting Melalui Dana Desa

Meskipun meraih hasil positif, Gubernur Mahyeldi menegaskan bahwa pencapaian tersebut akan tetap dijadikan catatan untuk terus mempersiapkan diri menghadapi PON Aceh-Sumut 2024. Pada Porwil Sumatera XI, juara umum diraih oleh tuan rumah Riau, diikuti oleh Bangka Belitung di peringkat kedua. (des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *