Padang  

Tiga Sektor Lapangan Pekerjaan Terbesar di Sumatra Barat Menurut Data BPS

BPS
ilustrasi

Padang – Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatra Barat mengungkapkan hasil dari Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Agustus 2023 yang menunjukkan tiga sektor lapangan pekerjaan yang menyerap tenaga kerja terbanyak di provinsi tersebut.

Mila Artati, Statistisi Ahli Madya BPS Sumbar, menjelaskan, “Pertama, lapangan pekerjaan di sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan memiliki kontribusi serapan sebesar 33,90 persen.”

Kemudian, sektor perdagangan besar dan eceran menyerap sekitar 18,60 persen dari total tenaga kerja, sementara industri pengolahan mampu menyerap sekitar 8,63 persen tenaga kerja di Ranah Minang.

Data ini menunjukkan bahwa pola penyerapan tenaga kerja dalam tiga sektor tersebut masih tetap sama sejak Agustus 2022.

Mila Artati juga menyebut bahwa tiga sektor lapangan pekerjaan yang mengalami peningkatan signifikan dalam penyerapan tenaga kerja dibandingkan dengan data Agustus 2022 adalah sektor transportasi dan pergudangan (0,58 persen poin), jasa lainnya (0,54 persen poin), serta penyediaan akomodasi dan makanan (0,45 persen poin).

Baca Juga  Pemprov Sumbar Manfaatkan Even Nasional sebagai Ajang Promosi UMKM Lokal

Sementara itu, tiga sektor lapangan pekerjaan yang mengalami penurunan signifikan dalam penyerapan tenaga kerja adalah perdagangan besar dan eceran (1,61 persen poin), pertanian, kehutanan, dan perikanan (1,06 persen poin), dan pertambangan dan penggalian (0,18 persen poin).

Secara keseluruhan, jumlah penduduk usia kerja pada Agustus 2023 mencapai 4,34 juta orang, mengalami peningkatan sebanyak 206,04 ribu orang dibandingkan dengan Agustus 2022. Mayoritas dari mereka adalah angkatan kerja, dengan jumlah sekitar 3,02 juta orang (69,61 persen), sementara sisanya bukan angkatan kerja.

Mila Artati menjelaskan, “Penduduk usia kerja meliputi orang berusia 15 tahun ke atas, dan kelompok ini mengalami tren peningkatan seiring bertambahnya jumlah penduduk.”

Baca Juga  Kenaikan Ekspor Pertanian Indonesia, Fakta Terbaru dari BPS

Komposisi angkatan kerja pada Agustus 2023 terdiri dari 2,84 juta penduduk yang bekerja dan 179,51 ribu pengangguran. Jumlah angkatan kerja meningkat sebanyak 156,16 ribu orang jika dibandingkan dengan Agustus 2022.

Selain itu, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) adalah persentase angkatan kerja terhadap jumlah penduduk usia kerja. TPAK mengindikasikan seberapa banyak penduduk usia kerja yang aktif secara ekonomi di suatu wilayah atau negara.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *