Padang  

Bantuan Beras Tiba di Kota Padang: 40.566 Ton untuk Warga yang Membutuhkan

Bantuan Beras
Warga Kelurahan Batang Arau Kecamatan Padang Selatan antre untuk mendapatkan bantuan beras.

Padang – Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Heriza Syafani, mengumumkan bahwa sebanyak 40.566 ton beras siap disalurkan kepada warga yang terdaftar sebagai penerima bantuan di Kota Padang. Bantuan ini berasal dari Badan Pangan-Cadangan Beras Pemerintah dalam tahap kedua, yang akan didistribusikan melalui PT Pos Indonesia, dan kemudian disalurkan langsung ke para penerima di kelurahan masing-masing.

Heriza menjelaskan, distribusi bantuan beras akan dilakukan mulai tanggal 31 Oktober hingga 9 November di setiap kelurahan. Langkah ini diambil sebagai tanggapan atas dampak El Nino, yang mengakibatkan kekeringan dan ancaman gagal panen, sementara juga berupaya menekan inflasi. Badan Pangan Nasional bergerak cepat dengan mendistribusikan Cadangan Beras Pemerintah, dengan harapan dapat membantu masyarakat dan mencegah kekurangan pangan.

Proses pendistribusian bantuan akan dilakukan oleh petugas di kelurahan, dibantu oleh para Pekerja Sosial Masyarakat. Pemandangan yang sama terlihat di Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, di mana puluhan warga mengantri untuk menerima bantuan beras tersebut.

Baca Juga  Kisah Inspiratif, Renovasi Rumah untuk Saudara Difabel di Padang

Doni, salah satu petugas yang terlibat dalam distribusi, menjelaskan bahwa setiap warga yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan tercatat sebagai penerima Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (Bansos PKH) akan menerima beras sebanyak 10 kg. Syaratnya sangat sederhana, yaitu hanya dengan membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli.

Baca Juga  Kebocoran Tanggul Sungai Jratun Seluna, Demak, Puluh Ribuan Warga Mengungsi

Di Kelurahan Batang Arau, terdapat 609 orang yang telah terdaftar sebagai penerima Bansos PKH. Bantuan ini diharapkan dapat memberikan bantuan nyata bagi warga yang membutuhkan, menjaga ketahanan pangan, dan memberikan dukungan kepada mereka yang terdampak oleh perubahan iklim dan kondisi ekonomi.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *