Padang  

Universitas Negeri Padang Terbakar, Kerugian Mencapai Rp1 Miliar

Kebakaran
Kebakaran UNP

Padang – Malam Sabtu (4/11/2023) menjadi malam yang mencekam di Universitas Negeri Padang (UNP) ketika terjadi kebakaran hebat di komplek kampus UNP Lubuk Buaya, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Kebakaran tersebut pertama kali dilaporkan oleh seorang saksi yang mendengar ledakan mengerikan di dalam salah satu ruangan kampus, diikuti oleh percikan api yang menjalar dengan cepat. Kepala Bidang Operasi (Kabid Ops) dan Sarana Prasarana (Sarpras) Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang, Sutan Hendra, segera memberikan tanggapan cepat dengan mengirimkan enam mobil pemadam ke lokasi kejadian.

Dalam peristiwa tragis ini, satu bangunan dengan delapan ruangan di lantai dua menjadi korban utama kobaran api mematikan. Untungnya, upaya pemadaman yang cepat dan koordinasi yang baik antara Damkar Kota Padang dan petugas kampus UNP berhasil mengendalikan situasi sebelum api merambah lebih luas.

Baca Juga  Peletakan Batu Pertama TPQ/MDA Masjid Nurul Istiqlal, Gubernur Mahyeldi : Wadah Membentuk Generasi Qurani

Sutan Hendra mengungkapkan, “Ada sembilan kendaraan yang kami kerahkan ke lokasi kejadian. Selain sembilan armada, Damkar Kota Padang mengerahkan 75 personel ke lokasi kejadian untuk memadamkan api.” Kerja keras dan sinergi tim pemadam kebakaran adalah kunci dalam mengatasi bencana ini.

Meskipun upaya pemadaman berhasil menghentikan api, kerugian akibat kebakaran tersebut diperkirakan mencapai Rp1 miliar. Kehilangan tersebut termasuk kerusakan bangunan dan fasilitas yang sangat berharga bagi Universitas Negeri Padang.

Baca Juga  Rektor UNP Ajak Alumni Menjadi Entrepreneur untuk Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Pihak berwenang sedang melakukan investigasi untuk menentukan penyebab pasti kebakaran ini, dan diharapkan dapat mencegah kejadian serupa di masa depan. Kita semua berharap agar UNP dapat segera pulih dan melanjutkan fungsi pendidikannya yang sangat penting. (des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *