Padang  

Kerjasama Sister City Gondar City – Kota Padang Membuka Peluang Baru

Kerjasama
Wali Kota Gondar City dan rombongan foto bersama di kawasan Cagar Budaya Nasional Pabrik Indarung 1, Kamis (26/10/2023).

Padang – Kepala Bagian Kerjasama Setdako Padang, Erwin M, mengumumkan kunjungan Wali Kota Gondar City ke Kota Padang dalam rangka menjajaki kerjasama Sister City (Kota Kembar) dengan Pemerintah Kota Padang.

Erwin menjelaskan bahwa rombongan delegasi dari Gondar City terdiri dari 9 orang, di antaranya 5 orang adalah investor atau trader yang berminat mengembangkan bisnis mereka di Kota Padang.

“Pada hari Rabu kemarin, mereka didampingi oleh Dubes Indonesia untuk Ethiopia, Al Busyra Basnur. Kerjasama Sister City ini akan terus ditingkatkan,” katanya saat mengunjungi Indarung 1.

Erwin juga menjelaskan tujuan kunjungan mereka ke PT Semen Padang, terkait dengan status Gondar City sebagai kota bersejarah yang pernah menjadi ibu kota Ethiopia selama hampir 250 tahun.

“Gondar City memiliki lokasi bersejarah yang disebut dengan Kastil (Castles) yang telah diakui sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO sejak tahun 1978. Mereka tertarik untuk mengunjungi PT Semen Padang karena saat ini Indarung I juga sedang dalam proses pendaftaran sebagai Warisan Dunia,” jelasnya.

Baca Juga  PJ.Wali Kota Pariaman Jajaki Kerjasama Dengan Rektor UNP

“Kedatangan mereka memiliki dua tujuan. Pertama, untuk memperlihatkan kekayaan warisan budaya kita. Kedua, seperti yang disampaikan Wali Kota Gondar, peluang bagi Ethiopia untuk mengimpor semen dari PT Semen Padang,” tambah Erwin.

R. Trisandi Hendrawan, Kepala Departemen SDM dan Umum PT Semen Padang, menyambut delegasi Gondar City dengan antusias. Ia menganggap kunjungan tersebut sebagai momen bersejarah bagi PT Semen Padang.

“Ini adalah kesempatan bagi kami untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan keahlian di industri semen kepada Anda semua,” ujar Trisandi.

Nur Anita Rahmawati, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang, menyambut baik tawaran kerjasama yang diajukan Wali Kota Gondar City terkait impor semen dari PT Semen Padang untuk Ethiopia.

“Mereka sangat bersemangat untuk menjalin kerjasama impor semen dari Semen Padang, khususnya saat Gondar City sedang gencar membangun infrastruktur yang membutuhkan banyak semen,” katanya.

Anita menyatakan bahwa PT Semen Padang akan segera menindaklanjuti tawaran kerjasama tersebut, yang dianggap sebagai berita baik di tengah ketatnya persaingan di industri semen di Indonesia.

Baca Juga  Gubernur Mahyeldi Luncurkan Program Nagari Generasi Emas demi Wujudkan Indonesia Sehat dan Cerdas

Gondar City adalah kota bersejarah di Ethiopia yang pernah menjadi ibu kota bekas Kerajaan Gondar selama dua setengah abad. Kota ini memiliki warisan sejarah, budaya, dan alam yang kaya, menjadikannya salah satu tujuan wisata populer di Ethiopia. Salah satu situs bersejarah yang terkenal di kota ini adalah Benteng Gondar, yang merupakan Warisan Dunia UNESCO. (des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *