Padang  

Hadiri Dies Natalis ke-69 UNP, Gubernur Sebut Universitas dan Pemda Garda Terdepan Lahirkan Inovasi

Padang – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Asnharullah, meminta seluruh sivitas akademika Universitas Negeri Padang (UNP) agar senantiasa bergandeng tangan dengan Pemerindah Daerah (Pemda) di Sumbar, dalam melahirkan inovasi-inovasi sebagai respons atas perubahan dan perkembangan zaman yang begitu cepat di berbagai bidang. Hal itu ditekankan Mahyeldi saat menghadiri Peringatan Dies Natalis UNP ke-69, Senin (23/10/2023).

“Mengingat perubahan yang begitu cepat di berbagai bidang, baik sosial, ekonomi, politik, media, hingga pendidikan, maka tugas UNP bersama Pemda di Sumbar adalah menjadi garda terdepan dalam berinovasi, sehingga dengan sendirinya daya saing lulusan UNP ke depan juga semakin lebih baik,” tutur Gubernur dalam sambutannya di Auditorium UNP.

Menginjak usia ke-69 tahun ini, Gubernur Mahyeldi meyakini UNP telah berada pada usia yang matang, terakreditasi unggul, dan menjadi salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik kebanggaan Sumbar. Terlebih, UNP semakin lengkap dengan hadirnya berbagai jurusan dan program studi (prodi) baru di jenjang Pendidikan S1, S2, hingga S3. Bahkan, telah resmi membuka Fakultas Kedokteran (FK).

Baca Juga  Gubernur Mahyeldi Sebut Mahasiswa KKN UNP Perlu Merasakan Denyut Kehidupan Masyarakat sebagai Bekal Menjadi Pemimpin Masa Depan

“Usia 69 tahun tentu usia yang matang. Berbagai terobosan luar biasa telah dilakukan sehingga makin menegaskan diri sebagai salah satu universitas terbaik di Sumatera Barat. Namun harus dipahami, bahwa menyandang dan mempertahankan status sebagai salah satu yang terbaik bukan pekerjaan yang mudah,” ucap Gubernur mengingatkan.

Meski demikian, Gubernur Mahyeldi menyatakan keyakinannya bahwa UNP akan terus berkembang dan terus berkiprah secara profesional dalam keselarasan dan kesatuan langkah. Sehingga, apa yang tertulis sebagai slogan UNP pada dies natalis tahun ini, yaitu UNP Jaya dan Bermartabat, akan semakin tegas terwujud.

“UNP harus menjadi contoh bagi lahirnya inovasi-inovasi. Menjadi contoh dalam menata kurikulum dan metode pendidikan yang mampu melahirkan SDM unggul, kompetitif, dan bermutu. Serta, menjadi contoh dalam upaya riset dan hilirisasi, sehingga semakin banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat,” ujar Gubernur lagi.
Selain itu, Gubernur Mahyeldi juga berharap agar UNP terus memberikan kontribusinya dalam upaya merealisasikan misi Sumbar Madani yang Unggul dan Berkelanjutan. Semua hal itu, disebut Gubernur akan dapat terealisasi melalui kesepakatan prinsip maju bersama, berinovasi, bermutu, maju, serta bermartabat.

Baca Juga  Jasad Perempuan yang Ditemukan di Kompleks Satbrimob Polda Sumbar Teridentifikasi sebagai Nurul Azizah (23)

“Pemprov Sumbar akan terus bersinergi dan memberikan dukungan demi terwujudnya UNP sebagai Universitas Bermartabat dan Bereputasi Internasional. UNP harus menjadi Lembaga pembentuk karakter akhlak mulia, kedisiplinan, tanggung jawab, bersemangat gotong royong, bersemangat persatuan, dan menjadi Kampus Merdeka yang bertanggung jawab dan mampu berkiprah dalam berbagai hal,” ucap Gubernur lagi.
Di akhir sambutannya, Gubernur kembali mengingatkan semakin dekatnya agenda Pemilihan Umum (Pemilu). Termasuk bagi sivitas akademi kampus yang menjadi sumber dari segala ide. Gubernur berharap, agar keluarga besar UNP dapar menjadi panutan dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan, serta saling menghargai dalam berdemokrasi.

Turut hadir dalam peringatan Dies Natalis tersebut, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Prof. Ir. Nizam, M.Sc, DIC, Ph.D., IPU, ASEAN.Eng; Rektor UNP Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd.,Ph.D, Ketua Wali Amanat Universitas Negeri Padang Prof. Z Mawardi Effendi, M.Pd, serta Para Dosen dan Sivitas Akademika UNP. (Adpsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *