Padang  

Empat Stockpile Batubara di Padang Disegel dan Harus Dikosongkan

Batubara
Penyegelan stockpile di kawasan Bypass Lubeg oleh Pemko Padang.

Padang – Keempat stockpile batubara yang terletak di Jalan Bypass, Kelurahan Pampangan Nan Xx, dan Parak Laweh Pulau Aia Nan Xx, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang telah disegel oleh tim penegak hukum Lingkungan Hidup Kota Padang. Tindakan ini diambil karena stockpile tersebut tidak memiliki izin usaha, dan kegiatan mereka telah berdampak negatif pada lingkungan sekitar dalam bentuk polusi.

Plt Kadis Lingkungan Hidup Kota Padang, Edi Hasymi, menjelaskan bahwa stockpile yang disegel juga akan ditutup sementara waktu dan tidak diperbolehkan memasukkan bahan baru ke dalamnya. Seluruh bahan yang ada di dalam stockpile harus segera dikosongkan. Baru setelah stockpile kosong, pengurusan izin usaha baru dapat dilakukan. DLH Padang akan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk membantu dalam pengelolaan lingkungan saat berusaha.

Edi Hasymi juga mengingatkan pentingnya dukungan dan kepedulian masyarakat dalam hal ini. Pemerintah Kota Padang tidak melarang berusaha, namun perlu mempertimbangkan dampak lingkungan yang dapat memengaruhi masyarakat sekitar.

Baca Juga  Gubernur Mahyeldi Antar Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir dan Longsor di Lima Puluh Kota

“Kerjasama dengan pemilik stockpile sangat diharapkan agar bisnis dapat berjalan dengan lancar,” kata Edi Hasymi.

Keputusan untuk menghentikan kegiatan stockpile batubara ini didasarkan pada ketentuan Pasal 80 ayat (2), Pasal 82A, dan Pasal 82 C Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Keempat perusahaan yang terlibat dalam stockpile batubara ini adalah PT. Semesta Andalan Energi (PT. SAE) / CV. Alva Elang (CV. AE), PT. Andalan Trans Nusantara (PT. ATN) di lahan PT. Pelindo Regional 2 Teluk Bayur, PT. Eka Mineral Indonesia (PT. EMI) / PT. Chandra Pilar Bumi (PT. CPB) / PT. Citra Perdana Coal (PT. CPC), dan PT. Semesta Andalan Energi (PT. SAE) di lahan Gudang Persada / PT. Bumi Anyar Wisesa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *