Padang  

Gubernur Sumbar Alokasikan 30% APBD untuk Pendidikan dan Apresiasi Siswa Berprestasi

Mahyeldi
Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyerahkan piagam penghargaan kepada siswa berprestasi asal Sumbar.

Padang – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, mengumumkan bahwa sebanyak 30 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumbar akan dialokasikan untuk sektor pendidikan. Pengumuman ini dilakukan oleh Mahyeldi setelah memberikan penghargaan kepada 50 siswa berprestasi tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MAN/SMK, dan SLB yang telah meraih prestasi gemilang dalam kompetisi tingkat nasional dan internasional, pada hari Rabu (11/10/2023).

Mahyeldi menekankan bahwa alokasi 30 persen APBD untuk pendidikan belum termasuk bantuan beasiswa yang diberikan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumbar, yang mencapai jumlah sekitar Rp12,5 miliar per tahun. Selain itu, ada juga berbagai jenis beasiswa dari pemerintah daerah, kabupaten, kota, serta pihak swasta yang turut mendukung pendidikan di Sumbar.

Menurut Gubernur Mahyeldi, dengan dukungan yang besar ini, siswa tidak memiliki alasan untuk tidak fokus pada pendidikan dan meraih prestasi yang lebih baik di masa depan.

Baca Juga  Gubernur Sumbar Apresiasi Bantuan Cepat Menteri Pertanian untuk Petani Terdampak

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumbar, Barlius, menjelaskan bahwa 50 siswa yang menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sumbar berasal dari berbagai Kabupaten dan Kota di Sumbar. Mereka mewakili berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar hingga Menengah Atas, dan telah sukses meraih prestasi dalam berbagai ajang kompetisi tingkat nasional dan internasional.

Barlius menambahkan, beberapa di antara mereka adalah pemenang medali dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Sains Nasional (OSN), Festival Literasi dan Bahasa Indonesia (FLS2N), Kompetisi Sains Madrasah (KSM), dan bahkan ajang internasional seperti Astro Physic di Polandia, di mana salah satu siswa asal Sumbar berhasil mengibarkan Merah Putih di panggung internasional.

Prestasi tersebut juga mencerminkan peningkatan signifikan dalam peringkat Sumbar di berbagai ajang kompetisi. Misalnya, dalam OSN, Sumbar berhasil meraih peringkat 9, naik dari peringkat 16 pada tahun sebelumnya. Demikian juga dalam Olimpiad Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Sumbar berhasil mencapai peringkat 7, naik 10 tingkat dari tahun sebelumnya.

Baca Juga  Gubernur Sumbar Serahkan Masterplan, Kota Tua Padang Menjadi Destinasi Wisata Internasional

Selain penghargaan untuk siswa berprestasi, Pemerintah Provinsi Sumbar juga menerima bantuan sebesar Rp5.395.000.000 yang akan disalurkan kepada 5.395 pelajar tingkat SMA/SMK/SLB dari Baznas Sumbar. Bantuan ini diharapkan dapat memberikan dukungan ekstra kepada pelajar Sumbar dalam mengejar prestasi dan berkembang dalam dunia pendidikan.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *