Padang  

Rektor UNP Ajak Alumni Menjadi Entrepreneur untuk Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Rektor
Rektor UNP, Prof Ganefri.

Padang – Prof. Ganefri, Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), terus mendorong para alumni UNP untuk menjadi pengusaha atau berwirausaha guna menciptakan lapangan pekerjaan. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Prof. Ganefri setelah resmi melakukan wisuda sebanyak 1.025 mahasiswa dan mahasiswi UNP pada hari ketiga wisuda, Kamis (28/9/2023).

Sebelumnya, pada Selasa (26/9/2023), UNP telah merayakan wisuda sebanyak 1.073 orang, dan pada Rabu (27/9/2023), sebanyak 1.068 lulusan UNP menerima gelar mereka.

Prof. Ganefri berbicara, “Saya terus mendorong lulusan dan alumni kami untuk menciptakan lapangan pekerjaan dengan menjadi wirausahawan. Saya berharap bahwa ilmu yang mereka peroleh selama di UNP dapat membantu mereka menjadi pengusaha muda yang sukses atau berkontribusi dalam berbagai lembaga pemerintahan dan swasta.”

Selain itu, Prof. Ganefri juga menyebutkan bahwa saat ini UNP berada di peringkat teratas di Sumatera Barat (Sumbar) dari 16 perguruan tinggi yang masuk dalam peringkat versi UniRank 2023. Prestasi ini membuktikan kualitas dan reputasi UNP sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Selain itu, UNP juga berhasil menduduki peringkat ke-30 di Indonesia menurut lembaga UniRank.

Baca Juga  Open House Gubernur Sumbar Terbuka untuk Umum, Masyarakat Silahkan Datang

Pada hari wisuda ketiga, UNP juga mendatangkan Kepala Pusat Pengembangan Generasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI), Sinta Saptarina Soemiarno. Dalam orasinya, Sinta berbicara tentang “Peran Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Keberlanjutan Kehidupan” di hadapan 1.025 wisudawan dan wisudawati UNP.

Sinta Saptarina Soemiarno menyatakan, “Saya mengapresiasi UNP karena telah mengundang Kementerian LHK RI untuk memberikan orasi ilmiah. Ini membuktikan UNP memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup dan pendidikan lingkungan.”

Sebelumnya, pada hari kedua wisuda, Rabu (27/9/2023), UNP juga mengundang Bupati Solok, Epyrdi Asda. Dalam orasinya, Epyardi mengatakan bahwa wisuda adalah awal dari proses pendidikan yang sebenarnya, yaitu kehidupan.

Baca Juga  Unand Gelar Pelantikan Pejabat Utama, Empat Wakil Rektor dan Pemimpin Lembaga Terpilih

Dia mendorong para wisudawan untuk menjadi pengusaha, seiring dengan semangat berdagang yang telah menjadi ciri khas orang Minangkabau. Selain itu, Epyardi juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Solok akan memberikan peluang dan dukungan maksimal bagi lulusan UNP yang ingin terlibat dalam dunia kewirausahaan di Kabupaten Solok.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *