Padang  

Job Fair Hybrid di Kota Padang: Kesempatan Emas Bagi Pencari Kerja

Pencari Kerja
ilustrasi

Padang – Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Padang memberikan kesempatan emas bagi pencari kerja untuk mengikuti seleksi dalam program Job Fair Hybrid yang diadakan. Acara ini akan berlangsung selama dua hari pada tanggal 25 hingga 26 Oktober 2023 di Youth Center Bagindo Aziz Chan, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

“Salah satu upaya kami dalam mengurangi angka pengangguran di Kota Padang akibat banyaknya perusahaan yang tutup selama pandemi Covid-19, kami buka Job Fair,” kata Kepala Disnakerin Kota Padang, Ferry Erviyan Rinaldy, Rabu (27/9/2023).

Job Fair ini akan diikuti oleh sebanyak 75 perusahaan dari tingkat lokal, regional, dan nasional, yang memberikan kesempatan bagi masyarakat umum untuk mencari pekerjaan secara offline maupun online.

“Target kita adalah 2 ribu pendaftar atau bahkan lebih untuk 75 perusahaan. Meskipun saat ini baru ada 45 perusahaan yang telah terdaftar dan mengkonfirmasi partisipasinya kepada Disnakerin, namun dari 45 perusahaan tersebut, sudah ada 1.561 lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Lowongan tersebut mencakup berbagai sektor seperti hotel, otomotif, rumah sakit, perbankan, marketing, teknologi, security, hingga pelatihan kerja yang akan magang ke Jepang,” ungkapnya.

Baca Juga  BPBD Kota Padang Menargetkan Seluruh Kecamatan Menjadi Tangguh Bencana Akhir September

Tidak hanya itu, Job Fair ini juga memberikan peluang kepada berbagai latar belakang pendidikan, seperti lulusan SMK, perawat, dan tenaga medis, untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasinya. Bahkan, tersedia juga lowongan kerja bagi penyandang disabilitas.

“Ferry menjelaskan, ‘Ada beberapa perusahaan yang meminta tenaga kerja difabel. Dengan gambaran dari tahun lalu, ada sebanyak 16 orang difabel yang berhasil ditempatkan di berbagai perusahaan,’” katanya.

Kepala Disnakerin berharap bahwa Job Fair ini akan membantu mengurangi angka pengangguran di Kota Padang dan membantu perusahaan menemukan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Ia juga memberikan informasi mengenai berkas yang diperlukan untuk mengikuti Job Fair ini, termasuk fotokopi kartu AK 1 yang dapat diurus di kantor Disnaskerin, fotokopi ijazah, sertifikat pelatihan atau sertifikat pendukung pekerjaan, Curriculum Vitae (CV), pas foto, serta mengisi barcode yang telah disediakan.

Baca Juga  Pemprov Sumbar dan Semen Padang Sepakat Homebase Si Kabau Sirah Tetap di Stadion H. Agus Salim

Ferry mengakhiri, “Kami mengimbau kepada pencari kerja untuk tetap semangat dalam menggapai cita-citanya, melengkapi segala persyaratan, serta merawat sikap tidak putus asa. Semoga Job Fair ini sukses dan dapat menampung semua yang belum bekerja untuk mendapatkan pekerjaan mereka.”(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *