Padang  

Program Posyandu Rutin untuk Warga Binaan Lansia di Rutan Kelas IIB Padang

Rutan
Posyandu rutin bulanan untuk lansia di Rutan Kelas IIB Padang.

Padang – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berusia 60 tahun ke atas di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Padang diketahui menjalani program Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) secara rutin.

Kepala Rutan Kelas IIB Padang, Muhammad Mehdi, menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan setiap bulan dengan tujuan menjaga kesehatan para tahanan lanjut usia (lansia), sehingga mereka tetap dapat menjalani hidup yang sehat dan produktif meskipun berada di dalam Rutan.

Menurutnya, Rutan Padang selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan guna meningkatkan kesehatan WBP, terutama bagi kelompok lansia yang lebih rentan terhadap berbagai jenis penyakit.

WBP yang sudah masuk dalam kelompok lansia memiliki risiko kesehatan yang lebih tinggi karena organ tubuh mereka mengalami penurunan fungsi, sehingga mereka rentan terhadap berbagai penyakit, baik yang bersifat menular maupun tidak.

Baca Juga  Gagalkan Penyelundupan Barang Terlarang: Rutan Kelas IIB Padang Tetap Waspada

“Lansia sangat rentan terhadap berbagai penyakit, dengan adanya kegiatan Posyandu Lansia ini, kami dapat memantau secara berkala kesehatan WBP Lansia di Rutan Padang. Jika ada yang sakit, pengobatan dapat segera dilakukan,” ungkap Mehdi.

“Oleh karena itu, kami melaksanakan program Posyandu Lansia guna memantau dan meningkatkan kualitas kesehatan lansia,” tambahnya.

Kegiatan Posyandu ini dimulai dengan penyuluhan kesehatan oleh Dokter Rutan Padang, Dr. Jannatus Indra, yang membahas tentang bahaya dan pencegahan penyakit Asam Urat. Selanjutnya, dilakukan pengukuran berat badan, tekanan darah, pemeriksaan kolesterol, dan asam urat, serta memberikan konsultasi dan pengobatan oleh Dokter. Acara ini diakhiri dengan pemberian makanan tambahan berupa roti dan susu kepada para peserta. (des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *