Padang  

Pembakaran Sampah Nyaris Jalar ke Lahan Kosong di Kota Padang

Pembakaran Sampah
Pembakaran sampah yang menjalar ke lahan kosong di kawasan Bypass Kuranji pada Rabu (27/9/2023) siang.

Padang – Kejadian pembakaran sampah di Kota Padang, Sumatera Barat, hampir saja menjalar ke lahan kosong, menciptakan situasi berbahaya. Peristiwa ini terjadi pada Rabu (27/9/2023) siang pukul 14.05 WIB dan segera dilaporkan kepada Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang.

Kepala Bidang Operasi (Kabid Ops) dan Sarana Prasarana (Sarpras) Dinas Damkar Kota Padang, Sutan Hendra, mengungkapkan bahwa luas lahan yang terbakar mencapai 200 meter persegi.

“Kejadian ini terlokasi di kilometer (KM) 39 Bypass Kuranji, Kelurahan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji,” kata Sutan.

Kronologi kejadian ini dimulai ketika seorang saksi bernama Riki Alexander Januar (35) melihat api berkobar dari arah tempat penampungan sampah.

Baca Juga  Intensitas Hujan Masih Tinggi, Fenomena El Nino Belum Berdampak di Kota Padang

“Api kemudian menjalar ke lahan kosong, dan saksi segera menghubungi kami untuk meminta pertolongan dalam memadamkannya,” ujar Sutan.

Meskipun demikian, Sutan menyatakan bahwa pihaknya belum dapat menentukan penyebab pasti dari kebakaran ini dan siapa yang bertanggung jawab atasnya.

“Status kepemilikan lahan tersebut adalah fasilitas umum (fasum),” tambahnya.

Saat ini, tim Damkar Kota Padang telah berhasil memadamkan api. Mereka mengerahkan dua unit armada dan melibatkan 15 personel dalam upaya pemadaman.

“Dalam kondisi cuaca panas dan kabut seperti ini, sangat disarankan untuk tidak membakar sampah karena dapat menimbulkan konsekuensi fatal dan dampak jangka panjang yang merugikan banyak masyarakat,” sambung Sutan. (des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *