Padang  

Wali Kota Padang Resmi Lantik Arfian sebagai Inspektur Kota Padang

Lantik
Wali Kota Padang Resmi Lantik Arfian

Padang – Wali Kota Padang, Hendri Septa, secara resmi melantik Arfian sebagai Inspektur Kota Padang, di Provinsi Sumatera Barat. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Padang Nomor 339 itu dilaksanakan di Gedung Bagindo Aziz Chan Kantor Balai Kota Aie Pacah pada Senin (17/7/2023).

Sebelumnya, Arfian menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang. Kini, dia menempati jabatan baru sebagai Inspektur Kota Padang menggantikan Syuhandra yang telah memasuki masa pensiun dua bulan yang lalu.

Wali Kota Hendri Septa menyatakan bahwa pelantikan ini telah dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan telah mendapatkan pertimbangan dari panitia seleksi jabatan pimpinan tinggi. Selain itu, pelantikan ini juga telah mendapatkan rekomendasi dari Gubernur Sumatera Barat (Sumbar).

“Selamat kepada Pak Arfian, semoga dapat menjalankan amanah ini dengan baik dan mampu membawa Inspektorat Kota Padang mencapai kinerja yang lebih baik di masa depan,” ucap Wali Kota dalam sambutan dan arahannya.

Baca Juga  Wakil Gubernur Sumatera Barat Lantik Jasman Sebagai Penjabat Wali Kota Payakumbuh

Selanjutnya, Wali Kota Hendri menjelaskan bahwa Inspektorat merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki peran strategis dalam menciptakan birokrasi yang bersih dan akuntabel. Inspektorat juga menjadi garda terdepan dalam mengawal pelaksanaan pengawasan internal di lingkungan pemerintah daerah.

“Salah satu upaya yang harus selalu dilakukan oleh jajaran Inspektorat adalah meningkatkan peran aparat pengawas internal pemerintah (APIP) dalam melaksanakan pembinaan dan pengawasan agar penyelenggaraan pemerintahan berjalan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang diharapkan. Selain itu, sangat penting untuk menjaga opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Padang setiap tahunnya,” ujar Wali Kota.

“Alhamdulillah, kita sudah mendapatkan predikat WTP sebanyak sepuluh kali, dengan menerima sembilan kali secara berturut-turut. Prestasi ini harus kita jaga dan terus peroleh sebagai bukti kualitas dan akuntabilitas kinerja Pemko Padang dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD,” tegas pemimpin Kota Padang tersebut.

Baca Juga  Hendri Septa Serahkan SK, 2.825 Pegawai PPPK Naik Status Menjadi ASN

Dalam acara pelantikan tersebut, hadir pula Wakil Wali Kota Padang, Ekos Albar, bersama Sekretaris Daerah Kota Padang, Andree Algamar, para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, dan Camat se-Kota Padang.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *