Hama Tikus Serang Areal Persawahan di Padang Panjang Timur

Sejumlah areal persawahan di Kecamatan Padang Panjang Timur kini diserang hama tikus.
Sejumlah areal persawahan di Kecamatan Padang Panjang Timur kini diserang hama tikus.

Padang Panjang, fajarharapan.id – Hama tikus kini menyerang areal persawahan di sejumlah wilayah Padang Panjang. Petani resah dan kawatir gagal panen.

Kepala Dinas Pangan dan Petanian (Dispangtan), Ade Nafrita Anas, M.P mengakui, daerah-daerah yang terdampak hama tikus di antaranya di lahan sawah Kelurahan Ekor Lubuk, Sigando, Ngalau, Ganting dan Koto Panjang.

Menindak lanjuti hal tersebut petugas lapangan Dispangtan langsung mencek ke lokasi dan benar adanya serangan hama itu. Dispangtan sudah melakukan sosialisasi kepada kelompok tani bagaimana mengendalikan hama tikus tersebut.

Baca Juga  Aipda Ditangkap oleh BNNP Sumbar Terkait Kasus Narkoba

Dispangtan juga telah memberikan bantuan berupa racun tikus untuk membasmi hama hewan pengerat tersebut. Bantuan ini merupakan hasil koordinasi Dispangtan Padang Panjang dengan Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumbar.

“Kami telah berkoordinasi dengan provinsi dan mereka langsung memberikan bantuan berupa racun tikus untuk petani kita,” kata Ade.

Ade berharap serangan hama tikus ini bisa diatasi secapatnya sehingga tidak mempengaruhi produksi dan hasil panen para petani. (syam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *