Pengujian Real-World Mobil Listrik, Taycan Terjauh, EQE Terhemat

6 mobil listrik dites hingga habis baterai, ini hasilnya.
6 mobil listrik dites hingga habis baterai, ini hasilnya.

Jakarta Jarak tempuh dan kapasitas baterai sering menjadi perhatian utama bagi calon pembeli mobil listrik. Produsen kendaraan listrik sering mengklaim bahwa produk mereka dapat menempuh ratusan kilometer berdasarkan pengujian WLTP (World Harmonised Light Vehicle Test Procedure).

Namun, klaim ini seringkali memicu pertanyaan. Berdasarkan laporan dari Carscoops pada Selasa (18/6/2024), Mat Watson bersama tim dari channel YouTube CarWow melakukan pengujian terhadap enam model mobil listrik untuk mengevaluasi kinerja mereka dalam kondisi nyata.

Mobil-mobil yang diuji terdiri dari BYD Seal, BMW i5, Mercedes-Benz EQE, Polestar 2 Long Range Single Motor, Tesla Model 3 Long Range, dan Porsche Taycan Performance Battery Plus. Selama pengujian, mobil-mobil ini dikendarai hingga baterainya habis, dengan pengemudi yang mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan batas kecepatan yang berlaku. Mode berkendara standar digunakan, dan sistem A/C (pemanas) diaktifkan untuk menjaga kenyamanan pengemudi.

Baca Juga  Terkuak, Besaran Cicilan Bulanan Alphard yang Dibayarkan oleh Syahrul Yasin Limpo

Ketika baterai hampir habis, pengemudi beralih ke mode hemat energi untuk memaksimalkan jarak tempuh. Dari hasil pengujian, Porsche Taycan dengan baterai 97 kWh menunjukkan jarak tempuh terjauh, mencapai 592,2 km. Namun, ini hanya 88% dari klaim WLTP-nya yang sebesar 677 km, dengan efisiensi 4,8 km per kWh.

Mercedes-Benz EQE menempati posisi teratas dalam hal efisiensi berdasarkan klaim, mencapai 94% dengan jarak tempuh 574,5 km dari kapasitas baterai 89 kWh, yang lebih efisien dengan 6,4 km per kWh.

Tesla Model 3 dengan baterai 75 kWh dapat menempuh 566 km, yang setara dengan 90% dari klaim WLTP (627 km), dengan efisiensi 7,5 km per kWh.

BYD Seal menunjukkan efisiensi 87,5% dari klaim WLTP, menempuh 498 km dengan baterai 82,5 kWh, efisiensinya adalah 6,1 km per kWh.

Baca Juga  BYD Yuan UP, Mobil Listrik Terbaru dengan Teknologi Canggih

Polestar 2 dan BMW i5 berada di urutan bawah dalam hal persentase pencapaian dari klaim WLTP. Polestar 2 mencapai 534 km dari klaim WLTP 653 km, dengan efisiensi 6,7 km per kWh, sedangkan BMW i5 menempuh 476 km dari klaim WLTP 582 km, dengan efisiensi 5,9 km per kWh.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *