Honda EM1 e, Favorit di Tengah Meningkatnya Pasar Motor Listrik Indonesia

Ternyata ini motor listrik favorit masyarakat di Indonesia.
Ternyata ini motor listrik favorit masyarakat di Indonesia.

Jakarta Produsen motor listrik di Indonesia semakin bertambah dengan hadirnya berbagai merek baru yang menawarkan model-model dengan harga terjangkau. Honda menjadi salah satu pemain utama di industri ini.

Saat ini, Honda baru memasarkan satu model motor listrik, EM1 e:, di Indonesia. Motor listrik kompak ini dijual dengan harga Rp33 juta untuk EM1 e: dan Rp33,5 juta untuk EM1 e: Plus.

Harga motor listrik ini dianggap cukup mahal, mengingat jarak tempuh dan kecepatan yang ditawarkan. Namun, berdasarkan survei dari Populix, Honda EM1 e: tetap menjadi favorit di kalangan masyarakat Indonesia.

Survei bertajuk “Electric Vehicle Dynamics: Unveiling Consumer Perspectives and Market Insights” yang dilakukan oleh Populix mengungkap karakteristik pengguna kendaraan listrik di Indonesia, termasuk kesadaran merek atau brand awareness terhadap motor listrik.

Survei ini melibatkan 350 responden pria dan wanita berusia 25-55 tahun yang sudah menggunakan kendaraan listrik. Pertanyaan dalam survei disajikan dalam bentuk kuesioner dengan format pilihan ganda tunggal, pilihan ganda kompleks, skala likert, dan jawaban singkat.

Baca Juga  Astra Honda Motor Rencanakan Peluncuran Motor Listrik di Indonesia 2024

CEO & Co-Founder Populix, Timothy Astandu, menyatakan bahwa hasil survei menunjukkan pengguna motor listrik merasa seperti menggunakan motor bensin, dengan jarak penggunaan yang cukup jauh dalam satu kali perjalanan.

“Jarak perjalanan motor listrik cukup tinggi, ada yang 5-10 km, 10-25 km, dan bahkan 23 persen lebih dari 25 km. Frekuensi penggunaannya juga cukup sering, setengah dari responden menggunakan motor listrik hampir setiap hari,” kata Timothy kepada wartawan di Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Data menunjukkan bahwa penggunaan motor listrik terutama untuk belanja kebutuhan sehari-hari (72 persen), mengunjungi teman atau keluarga (57 persen), antar-jemput teman atau keluarga (57 persen), bekerja (47 persen), dan perjalanan dalam kota (46 persen).

Konsumen menganggap jarak tempuh ideal motor listrik untuk kebutuhan tersebut adalah 74,93 km. Ekspektasi konsumen terhadap harga motor listrik rata-rata adalah Rp18 juta, dan 31 persen responden menginginkan kecepatan motor listrik bisa mencapai 100 km/jam.

“Yang menarik, ekspektasi konsumen terhadap harga motor listrik cukup seragam, hampir setengah mengharapkan harga di kisaran Rp10-20 juta. Sekitar 22 persen menginginkan harga di kisaran Rp20 juta hingga Rp30 juta,” ujar Timothy.

Baca Juga  Pengalaman Mudik Lebaran 2024 dengan Motor Listrik Lebih Hemat

Survei Populix juga menyebutkan tiga merek motor listrik yang paling banyak digunakan di Indonesia, yaitu Volta (15 persen), Honda (15 persen), dan Polytron (13 persen). Menariknya, 58 persen responden survei sudah mengetahui bahwa Honda menjual motor listrik.

“Dari segi brand awareness, banyak konsumen yang mengenali merek Honda, Polytron, dan Viar sebagai produsen motor listrik,” ungkap Timothy.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *