Ludhy Kusuma: Teknik Berkendara yang Benar Kurangi Risiko Kecelakaan

Teknik Berkendara
Teknik Berkendara

Jakarta – Berkendara sepeda motor sudah menjadi kegiatan rutin bagi sebagian besar masyarakat, namun tidak semua menguasai teknik dasar dengan baik, terutama dalam hal menikung. Meskipun terlihat sepele, teknik ini memiliki potensi besar untuk menyebabkan kecelakaan jika tidak dilakukan dengan benar.

Menikung adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai dengan sempurna. Sebuah kesalahan kecil saja bisa berakibat fatal bagi pengendara, menyebabkan jatuh dan berisiko mengalami kecelakaan.

Ludhy Kusuma, Kepala Bagian Pengembangan Safety Riding PT Daya Adicipta Motora, menjelaskan pentingnya memperhatikan teknik-teknik krusial saat menikung untuk menghindari kecelakaan dan menjaga kenyamanan berkendara.

“Saat menikung, penting untuk memperhatikan postur tubuh, menggunakan posisi lean with the bike, di mana tubuh cenderung miring sejajar dengan motor. Pastikan lutut berada di dalam cover body untuk motor matik atau mengapit ringan di tangki untuk motor sport,” ucap Ludhy dalam keterangan resminya, Jumat (7/2/2024).

Baca Juga  Royal Enfield Siapkan Peluncuran Motor Baru, Guerilla 450, di India

Selain itu, untuk menikung dengan lancar, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengurangi kecepatan sebelum memasuki tikungan, menggunakan rem kombinasi depan dan belakang. Pengendara harus mampu menyesuaikan kecepatan sesuai dengan feeling yang dirasakan, serta memastikan memasuki tikungan dengan kecepatan yang tepat, tidak terlalu cepat atau lambat.

Langkah berikutnya adalah memfokuskan pandangan ke arah tujuan, dengan memastikan kepala menghadap ke arah yang akan ditempuh dan memfokuskan pada titik terjauh dari tikungan. Hal ini membantu pengendara mengantisipasi segala potensi bahaya seperti pasir atau halangan lain yang mungkin ada di ujung tikungan.

Tahap terakhir adalah menguasai dan mengendalikan kecepatan serta kemiringan motor. Disarankan untuk tidak menggunakan rem depan saat menikung karena berpotensi membuat ban terkunci. Sebaliknya, pengendara disarankan menggunakan rem belakang untuk mengendalikan pergerakan motor secara lebih aman. Setelah keluar dari tikungan, penting untuk meningkatkan kecepatan untuk menghindari potensi bahaya dari kendaraan lain di belakang.

Baca Juga  Operasi Ramadhan, Polisi Amankan 20 Motor Pelaku Balap Liar

“Behelahan dasar berkendara merupakan hal yang sangat penting untuk dikuasai oleh semua pengendara guna mengurangi risiko kecelakaan. Selalu gunakan perlengkapan berkendara yang lengkap dan prioritaskan keselamatan saat mengendarai sepeda motor,” tambah Ludhy.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *