Pelatihan Keamanan Maritim Indonesia-Australia, Meningkatkan Profesionalisme Auditor ISPS Code

RI-Australia Kerja Sama Tingkatkan Keamanan Maritim
RI-Australia Kerja Sama Tingkatkan Keamanan Maritim

Jakarta Indonesia dan Australia bekerja sama untuk meningkatkan keamanan maritim. Kerja sama ini diwujudkan melalui program pelatihan “Marine Security Train The Trainer” yang digelar bersama Departemen Dalam Negeri Pemerintah Australia di Surabaya.

Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan teknologi terkini guna meningkatkan profesionalisme dan kualitas layanan di sektor maritim. Program ini ditujukan bagi para Auditor ISPS Code Indonesia agar dapat melahirkan pelatih Auditor ISPS Code yang kompeten, yang nantinya dapat mentransfer ilmunya kepada Auditor Junior dalam menjalankan tugas mereka.

Selain itu, hasil dari kegiatan ini diharapkan para Auditor ISPS Code Indonesia dapat menjadi pelatih Auditor ISPS Code baik di tingkat nasional maupun internasional, sehingga mereka bisa bekerjasama dengan IMO sebagai pelatih di berbagai negara.

Baca Juga  Panduan Pintar Membeli Mobil Bekas, 4 Tips Penting yang Harus Diperhatikan

“Kami merasa sangat terhormat dapat berkolaborasi dengan Departemen Dalam Negeri Pemerintah Australia, institusi yang sudah dikenal lama atas keahlian dan pengalamannya dalam bidang keamanan,” ujar Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Jon Kenedi, dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (28/5/2024).

Kerjasama ini adalah bukti nyata dari komitmen Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai untuk memperkuat sinergi antar lembaga demi mencapai keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan.

“Dengan kegiatan Maritime Security Train the Trainer yang telah dipersiapkan dengan matang ini, diharapkan para peserta dapat memahami secara mendalam regulasi dan peraturan baik nasional maupun internasional yang akan disampaikan oleh Mourad Ghorbel, pakar keamanan maritim dan konsultan untuk IMO. Sehingga, mereka bisa menerapkan praktik terbaik serta strategi inovatif dalam mengelola keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan,” tambahnya.

Baca Juga  Harga McLaren Senna 2024, Mewah dengan Performa Mengagumkan

Penerapan ISPS Code adalah langkah strategis dalam menjaga keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan serta memastikan kelancaran operasional. Dalam dunia yang terus berkembang, tantangan keamanan maritim menjadi semakin kompleks dan memerlukan tindakan tegas serta sinergi dari semua pihak terkait.

ISPS Code memberikan landasan yang kuat untuk mengatur dan melaksanakan tindakan keamanan yang efektif. Ini tidak hanya memberikan dampak positif pada fasilitas pelabuhan di Indonesia, tetapi juga mencerminkan komitmen pemerintah dalam menjaga keamanan seluruh infrastruktur maritim di mata dunia.((BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *