Panduan Praktis, Membersihkan Interior Mobil dengan Mudah di Rumah

Ilustrasi Cuci Mobil.
Ilustrasi Cuci Mobil

Fajarharapan.id – Menjaga kebersihan interior mobil tidak hanya membuat kendaraan terlihat lebih teratur, tetapi juga meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

Dengan peralatan dan produk yang sesuai, membersihkan interior mobil bisa dilakukan dengan cepat dan mudah di rumah.

Langkah pertama dalam membersihkan interior mobil adalah mengeluarkan semua sampah dan barang yang tidak diperlukan dari dalam kendaraan.

Untuk hasil yang optimal, pastikan Anda juga membersihkan bagian-bagian dalam mobil seperti jok, dashboard, dan karpet menggunakan kain mikrofiber dan pembersih khusus.

Vakum genggam dan sikat kecil sangat berguna saat membersihkan interior mobil, terutama untuk mencapai area-area sempit dan sulit dijangkau.

Yang Anda Butuhkan Sebagian besar, pembersih rumah tangga biasa seperti kain mikrofiber dan pembersih serbaguna sudah cukup untuk menyelesaikan pekerjaan.

Namun, penting untuk diingat bahwa beberapa pembersih mengandung bahan-bahan yang keras yang dapat merusak permukaan tertentu, terutama jok kulit dan layar GPS.

Membersihkan mobil mungkin terasa seperti tugas yang besar, tetapi kabar baiknya adalah Anda hanya perlu melakukannya sekitar sekali sebulan.

Jika Anda rajin membersihkan secara teratur, tugas ini akan lebih mudah karena Anda tidak perlu melakukan pembersihan mendalam setiap saat.

Dengan mobil yang bersih, Anda dapat memaksimalkan ruang lebih mudah, sehingga Anda bisa membawa lebih banyak perlengkapan olahraga, belanjaan, atau apa pun yang Anda butuhkan di sekitar kota.

Cara Membersihkan Interior Mobil Seperti Profesional:

Baca Juga  Kolaborasi Kunci, PEVS 2024 dan Visi Net Zero Emisi Indonesia
  1. Lakukan Pembersihan Cepat
    • Bawa kantong sampah ke mobil dan buang sampah-sampah seperti gelas kosong, struk lama, dan barang lainnya yang seharusnya ada di tempat sampah.
  2. Lepaskan dan Bersihkan Jok Mobil dan Karpet
    • Jika mobil Anda memiliki jok anak-anak, lepaskan terlebih dahulu. Setelah dilepas, kibaskan dan vakum menggunakan alat celah.
    • Ada banyak celah di item-item ini, dan alat ini akan membantu Anda membersihkannya tanpa merusak jok. Anda juga bisa menggunakan kain lembab untuk membersihkan noda.
    • Selanjutnya, lepaskan dan kibaskan karpet mobil. Jika ada noda di bawahnya, gunakan pembersih portabel.
    • Untuk noda yang membandel pada karpet karet, gunakan selang taman untuk menghilangkan kotoran yang menempel, lalu gosok dengan campuran sabun cuci piring dan air hangat.
  3. Bersihkan Jendela
    • Sikat kotoran yang terlihat dari bagian dalam kaca depan dan jendela serta rel di bawahnya.
    • Semprotkan dengan pembersih kaca. Lap semua jejak dengan kain mikrofiber bersih. Karena sangat menyerap, mereka akan membuat kaca berkilau dan bebas goresan.
  4. Bersihkan Panel Depan, Dashboard, dan Konsol
    • Karena ini adalah titik fokus di mobil, di sinilah Anda pertama kali akan melihat debu dan kotoran.
    • Lap dengan kain mikrofiber atau vakum untuk membersihkan kotoran.
    • Untuk memberikan tampilan baru pada dashboard, semprotkan udara bertekanan di celah dan sambungan, lalu lap dengan kain yang dibasahi pembersih serbaguna.
    • Akhiri dengan mensterilkan area yang sering disentuh dengan tisu disinfektan. Jika diinginkan, Anda juga bisa menambahkan pengharum udara untuk menghilangkan bau.
  5. Bersihkan Tempat Gelas
    • Jangan abaikan tempat gelas Anda. Bagian ini bisa menjadi salah satu area paling kotor dan lengket di interior mobil.
    • Untuk membersihkannya sebelum menjadi sarang bakteri, rendam tempat gelas plastik yang dapat dilepas dalam air sabun, bilas hingga bersih, lalu lap hingga kering.
    • Jika tidak dapat dilepas, lap dengan air sabun hangat. Set sikat kecil dapat membantu membersihkan area yang sulit dijangkau.
  6. Bersihkan Jok
    • Apakah jok mobil Anda dari kulit atau kain, langkah pertama adalah menyedot debu. Untuk hasil terbaik, gunakan vakum genggam tanpa kabel dengan alat jok atau sikat.
    • Gunakan alat celah untuk mencapai remah-remah dan debu yang terjebak di sambungan dan antara jok. Langkah selanjutnya bervariasi berdasarkan jenis jok:
      • Untuk jok kain, gunakan mesin pembersih jok atau pembersih karpet.
      • Semprotkan pada noda dan gosok dengan kain atau sikat lembut, lalu biarkan sesuai petunjuk label. Bilas dengan kain lembab dan keringkan.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *