Mobil Lama Tidak Dipakai? Ikuti Tips Ini Agar Mesin Tetap Prima

Mobil sudah lama tidak dipakai, ini tips menyalakannya.
Mobil sudah lama tidak dipakai, ini tips menyalakannya.

Jakarta Mobil yang dibiarkan tidak dipakai dalam waktu yang lama dapat mengalami kerusakan. Jika mobil tersebut tidak digunakan bahkan selama setahun, dapat menyebabkan komponen-komponen di dalamnya mengalami kerusakan.

Untuk itu, diperlukan tindakan perawatan yang tepat agar mesin mobil tetap dalam kondisi prima saat dihidupkan.

Berikut ini adalah beberapa tips menyalakan mobil yang sudah lama tidak dipakai, seperti yang dilansir oleh laman resmi Daihatsu pada Rabu (15/5/2024):

  1. Periksa kondisi aki dan kelistrikan mobil

Sebelum mencoba menyalakan mesin mobil yang sudah lama tidak digunakan, penting untuk memeriksa kondisi aki dan sambungan kelistrikan. Pastikan aki mobil dalam kondisi yang baik dan tidak dalam keadaan soak. Periksa juga sekring, arus listrik, serta jalur yang menghubungkan starter dan aki agar tidak kendur.

Baca Juga  Mitsubishi Motors Siapkan Gebrakan, Xpander Hybrid Bersiap Hadir di Indonesia
  1. Periksa koneksi kabel ground

Selanjutnya, periksa koneksi kabel ground pada aki dan pastikan kabel tersebut tidak terkelupas. Koneksi kabel ground ini berperan penting dalam memastikan keamanan arus listrik mobil.

  1. Periksa kabel solenoid starter

Pastikan juga untuk memeriksa kondisi kabel solenoid starter. Jika terdengar suara kasar saat menggunakan starter dan mesin sulit dinyalakan, kemungkinan ada kerusakan pada kabel solenoid.

  1. Bersihkan korosi

Kutup-kutup aki yang terdapat korosi perlu dibersihkan dengan menggunakan sikat kawat agar mesin dapat dinyalakan dengan mudah.

Baca Juga  Menarik dan Modern, Daftar Perusahaan Bus dengan Banyak Bus Tingkat di Indonesia
  1. Nyalakan mesin dengan durasi yang sesuai

Setelah semua pemeriksaan dilakukan, nyalakan mesin mobil dengan memutar kunci kontak ke posisi ON. Biarkan mesin mobil menyala selama sekitar lima menit untuk mobil dengan sistem injeksi. Untuk mobil dengan mesin noninjeksi, biarkan mesin menyala selama sekitar sepuluh hingga 15 menit.

Lakukan proses tersebut minimal dua kali seminggu. Jika mesin mobil tetap tidak dapat dinyalakan, pertimbangkan untuk menggunakan jumper atau membawa mobil ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan servis secara menyeluruh.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *