Toyota Astra Motor Dorong Penggunaan Mobil Hybrid untuk Lingkungan yang Lebih Bersih

Toyota Innova Zenix Hybrid.
Toyota Innova Zenix Hybrid.

Jakarta PT Toyota Astra Motor (TAM) telah mengenalkan mobil hybrid sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi emisi. Toyota memiliki tujuan agar semua model yang mereka pasarkan nantinya akan memiliki opsi hybrid.

Toyota telah meluncurkan varian hybrid pada beberapa model seperti Innova Zenix, Yaris Cross, Camry, Alphard, Corolla Altis, dan Corolla Cross. Namun, semua model tersebut dijual dengan harga di atas Rp400 juta, khususnya varian tertinggi.

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Nandi Julyanto, menjelaskan bahwa rencana ini bertujuan agar semua kalangan konsumen dapat turut serta dalam mengurangi emisi.

“Kami terus berupaya agar semua model memiliki opsi hybrid, dimulai dari yang premium terlebih dahulu, lalu ke model seperti Innova misalnya, Yaris Cross. Kami selalu berusaha agar secepat mungkin semua model memiliki opsi hybrid,” ujar Nandi di Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2024).

Baca Juga  Toyota Astra Motor Perkenalkan Vellfire HEV di IIMS 2024, Mobil Hybrid untuk Keberlanjutan Lingkungan

PT TMMIN berencana menambah investasi untuk memperluas pabrik sebesar Rp27,1 triliun hingga tahun 2026. Investasi ini juga akan digunakan untuk pengembangan produk baru di segmen B.

Dalam kesempatan yang sama, Vice President PT TAM, Henry Tanoto, mengatakan bahwa penjualan mobil hybrid Toyota mengalami peningkatan. Bahkan, kontribusinya dapat mencapai 12-13 persen dari total penjualan saat ini.

“Pada bulan Januari-Februari, kami melihat peningkatan 63 persen untuk penjualan hybrid dibandingkan tahun sebelumnya. Saat ini, komposisi hybrid mencapai 12-13 persen dari total penjualan Toyota,” jelasnya.

Namun, hingga saat ini mobil hybrid belum banyak diminati oleh pasar pembeli pertama karena hanya tersedia dalam varian tertinggi dengan harga di atas Rp400 jutaan, sehingga membuat calon pembeli pertama berpikir ulang.

“Saat ini, pembeli pertama mungkin tidak terlalu banyak untuk Kijang Innova Zenix Hybrid. Namun, penjualan Yaris Cross Hybrid sudah mengalami peningkatan. Tetapi, karena masih baru beberapa bulan, kita akan melihat lagi trennya,” kata Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmi Suwandy.

Baca Juga  Perubahan Strategi Honda Mobilio, Fokus pada Varian Fleet dan Implikasinya pada Pajak

Dia juga menyebutkan bahwa pembeli pertama lebih cenderung memilih Avanza yang mencapai sekitar 50 persen. Sementara itu, pembeli yang memilih Yaris Cross Hybrid sekitar 20-30 persen.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *