Misteri Kesamaan Avanza dan Xenia, Penjelasan di Balik Kemiripan Mobil MPV Terpopuler

Mengapa Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia mirip?
Mengapa Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia mirip?

Jakarta – Banyak yang bertanya-tanya mengapa Toyota dan Daihatsu membuat mobil yang terlihat sangat mirip dengan Avanza dan Xenia.

Menurut berbagai sumber, Kamis (14/3/2024), kedua mobil ini termasuk dalam kategori MPV dan dibuat oleh Astra Daihatsu Motor serta Toyota Astra Motor secara bersama-sama. Meskipun berasal dari merek yang berbeda, Avanza dan Xenia memiliki banyak kesamaan yang menimbulkan pertanyaan tentang alasan dibalik kemiripan ini.

Toyota Avanza diproduksi di pabrik Daihatsu, bukan di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Mobil ini sebenarnya adalah versi kembar dari Daihatsu Xenia dan diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor sejak generasi pertama diluncurkan pada akhir 2003.

Baca Juga  Mobil Mewah Porsche Jadi Korban Tabrakan di Showroom, Xpander Bertanggung Jawab atas Kerusakan

Walaupun Avanza dibuat di pabrik Daihatsu, bukan berarti Toyota tidak terlibat dalam proses produksi. Pabrik Daihatsu di Karawang, Jawa Barat, tidak hanya membuat Avanza-Xenia, tetapi juga membuat twin compact SUV, yakni Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Keterlibatan Toyota dalam produksi ini menjelaskan mengapa Xenia dan Avanza sangat mirip.

Jika dibandingkan, salah satu perbedaan yang cukup mencolok antara Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia adalah desain bumper depan. Avanza biasanya memiliki desain bumper depan yang lebih simpel, sedangkan Xenia dilengkapi dengan chrome di sekitar logo, memberikan tampilan yang lebih menarik.

Baca Juga  Penjualan Mobil Listrik Hyundai Merosot di Awal 2024, Sebab dan Dampaknya

Perbedaan lainnya terletak pada aksesoris belakang mereka. Avanza umumnya memiliki rear bar sebagai standar, sementara Xenia tidak, kecuali pada beberapa tipe tertentu.

Meskipun begitu, perbedaan lainnya antara keduanya terdapat pada pilihan mesin. Keduanya menawarkan dua pilihan mesin yang berbeda dengan teknologi mesin Dual VVT-i.

Dengan kesamaan dan perbedaan tersebut, tidak mengherankan banyak orang bertanya-tanya tentang alasan di balik kemiripan besar antara Avanza dan Xenia.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *