Honda America Hentikan Penjualan 3 Model Sepeda Motor, Ada Potensi Kecelakaan!

Honda hentikan penjualan 3 model motor ini, ada apa?
Honda hentikan penjualan 3 model motor ini, ada apa?

Jakarta Honda America mengumumkan penangguhan penjualan untuk tiga model sepeda motor mereka, yang sedang mengalami proses penarikan (recall). Ketiga model sepeda motor yang terkena dampak adalah Gold Wings tertentu tahun 2017-2024, CBR600RR 2018-2020, dan CBR1000RR 2018-2019.

Kendaraan-kendaraan ini diduga mengalami masalah pada pompa bahan bakar. Akibat cetakan yang tidak tepat, pompa bahan bakar dapat mengalami kerusakan seiring berjalannya waktu, yang dapat menyebabkan mesin mati saat berkendara atau bahkan tidak dapat dihidupkan sama sekali.

“Keadaan ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan dan potensi cedera,” demikian dilaporkan oleh Ride Apart pada Rabu (13/3/2024).

Berdasarkan informasi dari Honda, diperkirakan ada sekitar 17.374 sepeda motor yang mungkin terkena dampak dari penarikan ini. Angka ini mewakili sekitar 1 persen dari total populasi sepeda motor. Semua sepeda motor yang terkena dampak diproduksi dalam rentang waktu tertentu dan menggunakan suku cadang tertentu.

Baca Juga  Dinamika Persaingan Harga Mobil Listrik, Respons Hyundai Motors Indonesia

Dokumen yang diajukan oleh Honda ke Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat menjelaskan bahwa masalah ini terkait dengan cetakan impeler pompa bahan bakar yang tidak tepat. Kepadatan impeler saat ini rendah dan berpotensi berubah bentuk ketika terpapar bahan bakar.

Impeler yang mengalami perubahan bentuk dapat mengganggu kinerja badan pompa bahan bakar, yang berpotensi membuat seluruh pompa tidak dapat berfungsi sepenuhnya.

Informasi mengenai masalah ini pertama kali muncul pada Agustus 2019, ketika empat sepeda motor (model tidak ditentukan) ditemukan tidak dapat dihidupkan saat dipasang oleh diler di Amerika Serikat. Sejak saat itu, Honda segera memulai penyelidikan.

Hingga 8 Februari 2024, Honda mencatat telah menerima 142 klaim garansi terkait masalah ini. Meskipun begitu, dalam periode Agustus 2018 hingga 28 Desember 2023, perusahaan menyatakan belum menerima laporan mengenai cedera atau kematian yang terkait dengan penarikan ini.

Baca Juga  Terbaru dari Suzuki, GSX-250 R Model 2024 Hadir dengan Fitur Keselamatan Baru

Pada 9 Februari 2024, American Honda mengeluarkan pemberitahuan kepada jaringan dealer nasionalnya untuk menghentikan penjualan sepeda motor CBR1000RR tahun 2017 hingga 2021, Gold Wing 2020 hingga 2024, dan sepeda motor CBR600RR tahun 2017 hingga 2020. Dealer diinstruksikan untuk tidak menjual kendaraan baru atau bekas yang terkena dampak penarikan ini hingga proses penggantian pompa bahan bakar yang terkena dampak telah dilakukan.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *