Aston Martin Luncurkan Motor Sport Terbatas AMB 001, Hanya 100 Unit Diproduksi

Motor sport langka Aston Martin dilelang Rp3,9 miliar.
Motor sport langka Aston Martin dilelang Rp3,9 miliar.

Jakarta Aston Martin, sebagai produsen mobil sport yang dikenal dengan pengembangan desain dan mesin yang luar biasa, tidak hanya memproduksi mobil, tetapi juga meluncurkan sebuah motor sport dalam jumlah yang sangat terbatas.

Motor sport buatan Aston Martin ini diberi nama AMB 001. Hanya 100 unit motor ini diproduksi di seluruh dunia melalui kerjasama antara Aston Martin dan Brough Superior.

AMB 001 memiliki tampilan yang mengesankan seperti dari film fiksi ilmiah, namun dibekali dengan mesin sungguhan. Selain itu, Aston dan Brough juga merilis AMB 001 Pro, sebuah superbike khusus trek dengan performa luar biasa, yang diproduksi dalam jumlah terbatas hanya 88 unit.

Menurut laporan dari Rideapart, pada Selasa (12/3/2024), AMB 001 Pro dengan spesifikasi standar pabrik telah terdaftar untuk dilelang di Iconic Auctioneers. Lelang untuk motor sport yang sangat langka ini dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 7 April 2024.

Baca Juga  Antisipasi Penuh, Harga Tiket Bus Mudik PO Harapan Jaya untuk Lebaran 2024

Dengan desain bodywork yang elegan dengan garis-garis kuning yang serasi, AMB 001 Pro menjadi sebuah karya yang memukau. Bahkan, motor ini diprediksi akan mencapai harga 200 ribu poundsterling (sekitar Rp3,9 miliar) dalam lelang tersebut.

Setiap unit AMB 001 diproduksi secara manual di fasilitas manufaktur Brough Superior di Toulouse, Prancis. Proses pembuatan setiap motor memakan waktu hingga dua tahun, mengingat setiap motor harus memenuhi standar kualitas yang sangat ketat.

Superbike khusus trek ini didukung oleh rangka aluminium CNC yang ringan dan dibungkus dengan bodywork serat karbon penuh, membuat strukturnya sangat ringan untuk mendukung mesin bertenaga.

Sebagai tambahan, motor ini ditenagai oleh mesin V-twin 997cc dengan turbocharger Garrett yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 225 hp. Tenaga ini disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 6-percepatan dengan sistem kopling hidrolik APTC dan penggerak rantai.

Baca Juga  Hemat dan Handal, Mobil-Mobil Berkualitas di Harga Rp70 Jutaan

Unit yang dilelang ini merupakan nomor urut 8 dari 88 unit yang diproduksi. Dengan elemen serat karbon matte dan aksen Photon Lime, motor ini memberikan sentuhan kontras yang terinspirasi dari mobil Formula 1 Aston Martin.

Keistimewaan lainnya dari motor ini adalah AMB 001 Pro ini merupakan yang pertama kali diimpor ke Inggris. Meskipun belum pernah digunakan, mesin motor ini sudah dihidupkan dan dalam kondisi baik, demikian yang dinyatakan oleh penjual.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *