Rahasia Perawatan Mobil Hybrid, Tips dari Auto2000 untuk Pemilik Kijang Innova Zenix

Foto: Citra.
Foto: Citra

Jakarta – Kijang Innova Zenix Hybrid telah berhasil menarik perhatian para konsumen di Indonesia, terbukti dengan pencapaian mobil MPV ini sebagai mobil terlaris di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Dengan teknologi hybrid yang diusungnya, Kijang Innova Zenix membutuhkan perawatan khusus agar mobil tetap awet. Untuk itu, Auto2000 sebagai diler resmi Toyota memberikan tips perawatan mobil hybrid sebagai berikut:

  1. Meneliti Buku Manual Kendaraan

Penting untuk mempelajari informasi detail tentang kendaraan yang terdapat dalam buku petunjuk penggunaan. Terutama bagi mereka yang baru pertama kali memiliki hybrid electric vehicle (HEV), hal ini akan membantu menghindari masalah di jalan. Buku manual dapat diakses melalui aplikasi MToyota.

  1. Menjaga Kondisi Baterai

Pemilik mobil Zenix Hybrid perlu memperhatikan larangan menutup kisi udara pendingin baterai yang berada di bawah jok penumpang depan. Motor blower yang bertugas mengalirkan udara dari kabin melalui saluran pendingin (air intake duct) akan terganggu jika aliran udara terhambat.

Baca Juga  Toyota Astra Motor Perkenalkan Vellfire HEV di IIMS 2024, Mobil Hybrid untuk Keberlanjutan Lingkungan

Hal ini dapat menyebabkan kenaikan suhu baterai dan mengurangi kinerjanya. Baterai tidak dapat mengisi daya yang dihasilkan oleh motor generator saat pengisian. Jika tingkat pengisian (State of Charge/SOC) berada di bawah nilai yang ditetapkan, mesin bensin akan terus menyala sebagai sumber utama tenaga kendaraan.

  1. Gunakan TMO Motor Oil untuk Menjaga Kinerja Mesin

Pastikan penggunaan bahan bakar sesuai rekomendasi Toyota karena Kijang Innova Zenix HEV menggunakan mesin TNGA 2.0. Penggantian oli mesin secara berkala juga penting untuk meningkatkan performa dan daya tahan mesin.

  1. Lakukan Servis Berkala dalam 1 Bulan Pertama

Servis berkala dalam 1 bulan pertama penting untuk memastikan seluruh bagian mobil berfungsi optimal setelah penggunaan dalam waktu 1 bulan sejak pembelian. Servis ini juga bertujuan untuk memastikan mobil dalam kondisi terbaik.

Servis berkala 1.000 km atau 1 bulan pertama juga membantu mendeteksi dini masalah pada mobil, sehingga dapat segera diperbaiki dan menghindari biaya perbaikan yang lebih besar. Servis berkala 1 bulan pertama juga menjadi syarat untuk mendapatkan garansi dan program T-CARE yang berlaku untuk Kijang Innova Zenix HEV.

Baca Juga  Hemat dan Handal, Mobil-Mobil Berkualitas di Harga Rp70 Jutaan

Nur Imansyah Tara, Marketing Division Head Auto2000, menjelaskan bahwa perawatan mobil hybrid ini mudah jika mengikuti petunjuk yang disediakan. Servis berkala 1 bulan pertama dan servis berkala berikutnya sangat penting untuk memastikan kondisi mobil tetap optimal.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *