Eksplorasi Terbaru BYD, Merambah Pasar Motor Listrik dengan Teknologi Unggul

BYD bakal rambah pasar motor listrik.
BYD bakal rambah pasar motor listrik.

Jakarta BYD, perusahaan otomotif China yang telah menjadi salah satu raksasa terbesar di dunia, kini membidik pasar motor listrik setelah sukses memimpin pasar mobil listrik. BYD dikenal sebagai produsen baterai kendaraan listrik terbesar kedua di dunia dengan baterai jenis lithium iron phosphate (LFP) yang digunakan dalam mobil listrik, motor, dan sepeda listrik.

Menurut laporan Carnewschina pada Jumat (1/3/2024), BYD sedang meningkatkan investasi dan fokus pada departemen R&D (riset dan pengembangan) untuk menciptakan motor listrik yang lebih aman dan terjangkau daripada yang tersedia saat ini. Motor listrik ini akan diproduksi melalui anak perusahaan baterai BYD, FinDreams, dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak ketiga untuk mengembangkan baterai yang lebih efisien.

BYD tertarik pada pasar motor listrik karena dianggap sedang berkembang pesat, dan mereka ingin berpartisipasi dalam pertumbuhan ini. Mereka memperkirakan bahwa pasar motor listrik akan tumbuh pesat secara global dalam beberapa tahun mendatang.

Baca Juga  Super Supercar, YangWang U9, Karya Terbaru BYD dalam Dunia Mobil Listrik

Langkah BYD ini dapat memiliki beberapa dampak, termasuk meningkatnya persaingan di pasar motor listrik yang akan mendorong inovasi teknologi lebih cepat. Selain itu, peningkatan produksi dan persaingan dapat membantu menurunkan harga motor listrik, sehingga langkah BYD untuk memasuki pasar motor listrik dianggap sebagai perkembangan yang signifikan.

Keunggulan baterai BYD adalah ketahanannya terhadap guncangan dan tusukan, menjadikannya lebih aman bagi pengguna motor listrik. BYD juga memiliki pengalaman dalam pembuatan motor listrik, seperti kerjasama dengan merek sepeda motor Singapura, Scorpio Electric, dalam merakit skuter listrik pertama mereka X1 di Shenzhen untuk pasar China pada Juli 2023.

Walaupun X1 diproduksi oleh BYD, baterainya bukanlah produksi BYD, melainkan dari Samsung. Namun, Scorpio Electric sedang menjajaki kemungkinan penggunaan baterai BYD pada produk masa depan mereka. Pada tahun 2022, BYD juga bermitra dengan merek sepeda motor Spanyol, Nerva, untuk menyediakan baterai LFP untuk motor listrik barunya, Nerva Exe E-Scooter, yang diluncurkan pada Februari 2022 dengan baterai LFP 5,76 kWh yang dapat diisi daya dari 0-80 persen dalam 3,5 jam.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *